10 Tempat Wisata di Yogyakarta Terpopuler dan Terindah yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta adalah salah satu kota dengan destinasi wisata yang sangat menarik dan mempesona. Buktinya kota tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong dari luar kota, khususnya di masa – masa liburan. Ada banyak sekali magnet yang jadi daya tarik kota Yogyakarta. Mulai dari tempat wisata, kuliner, budaya, dan juga kesenian, serta arsitektur bangunan yang ada bisa membuat penggunjungnya semakin jatuh cinta. Jika Anda memang sedang merencanakan liburan ke Yogyakarta dalam waktu dekat ini, Anda tidak perlu bingung akan kemana. Sebab di bawah ini akan kami rekomendasikan 10 tempat wisata di Yogyakarta terpopuler dan terindah yang pastinya akan menjadikan momen liburan Anda lebih asyik dan berkesan.

10 Tempat Wisata di Yogyakarta Terpopuler dan Terindah yang Wajib Dikunjungi

Malioboro

Ini adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta pertama yang terpopuler dan terindah wajib Anda kunjungi. Tempat ini adalah sebuah kawasan yang menawarkan berbagai daya tarik. Anda bisa berbelanja batik, duduk santai dibangku – bangku yang tersedia di trotoar, atau pun memanjakan lidah dengan berwisata kuliner khas Yogyakarta yang enak, lezat, lagi menggugah. Agar Anda nyaman berkunjung ke malioboro, kami sarankan agar Anda memilih waktu pada sore hari, sehingga keindahan dan juga eksotisme destinasi ini jadi semakin terasa berkesan.

Keraton Yogyakarta

Tempat wisata di Yogyakarta selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah keraton. Tempat ini adalah istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan masih jadi hunian keluarga kerajaan sampai saai ini. Keraton tersebut bisa digolongkan sebagai situs sejarah yang menyimpan banyak sekali kisah dari masa lampau. Pada saat berkunjung Anda akan disuguhi dengan pemandangan elok khas arsitektur jaman dahulu. Gedung – gedung yang sangat indah dan artistik jadi latar berfoto yang eksotis.

Taman sari

Dulu taman sari adalah tempat permandian putri raja di masa lampau. Tidak mengherankan apabila bangunan tersebut tampak sangat artistik dan menarik walaupun kondisinya sudah mulai usang. Tempat wisata di Yogyakarta ini juga sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding. Lokasi tersebut ada di jalan Taman, Kraton, Yogyakarta dengan biaya tiket masuknya sekitar Rp 5 ribu per orang.

Taman pintar

Lain halnya dengan taman sari, taman pintar adalah tempat liburan di Yogyakarta yang tepat bagi anak – anak dan keluarga. Selain liburan, berkunjung ke taman pintar di Yogyakarta tersebut juga akan menambah wawasan sih kecil. Berbagai wahana yang ada di taman pintar diantaranya wahana teater 3D dan wahana bahari. Taman pintar bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore.

Pantai parangtritis

Tempat wisata lain yang juga cukup populer dan indah di Yogyakarta bisa Anda kunjungi adalah pantai parangtritis. Daya tarik tempat wisata di Yogyakarta tersebut ada pada pasir putihnya yang terbentang cukup luar. Tetapi pasir yang ada di pantai parangtritis ini justru berwarna hitam. Walaupun demikian, pilihan aktifitas rekreasi yang bisa dilakukan di sini cukup banyak dan beragam, mulai dari bermain air, menyusuri pesisir pantai menggunakan bendi, mengendarai ATV, atau sekadar duduk santai sambil menikmati pemandangan indah saat sore hari.

Kebun binatang gembiraloka

Melihat keberagaman aneka satwa, mulai dari ular, gajah, monyet, dan burung adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, khususnya bagi anak – anak. Hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan datang ke kebun binatang gembiralokal yang ada di Yogyakarta. Kebun binatang ini ada di jalan Kebun Raya nomor 2 yang bisa Anda kunjungi mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore dengan biaya masuk sebesar Rp 30 ribu per orang.

Museum affandi

Berada di jalan Laksda Adisucipto nomor 167, museum affandi ini menyimpan banyak sekali lukisan dari pelukis Affandi. Tak hanya lukisannya, ada juga beberpa karya pelukis lain yang ada di museum tersebut. Jadi, buat Anda yang gemar melukis, Anda tak boleh sampai melewatkan tempat wisata di Yogyakarta satu ini. Untuk bisa masuk ke dalam museum tersebut, Anda perlu membayar tiket masuknya seharga Rp 20 ribu per orang.

Alun – alun kidul

Saat siang hari, tempat ini memang tidak terlihat begitu menarik, hanya ada tanah yang lapang dan luas dengan 2 pohon beringin yang berukuran besar. Tetapi teramaiannya akan mulai terlihat saat sore hari. Sepeda tandem dan juga becak hias akan memadati jalanan yang melingkari alun – alun kidul di Yogyakarta. Selain itu, di tempat wisata Yogyakarta satu ini juga cukup terkenal sekali dengan sebuah tradisi masangin.

Museum ullen sentalu

Ini adalah salah satu museum kebanggaan warga Yogyakarta sebab pernah dinobatkan sebagai salah satu museum terbaik di Indonesia. Di dalam museum tersebut Anda akan diajak untuk melacak sejarah dan juga kekayaan tradisi serta budaya Indonesia lewat beragam koleksi yang ada.

Tlogo putri kaliurang

Tempat wisata di Yogyakarta yang terakhir ini memang tidak terlalu besar, letaknya ada di kawasan terminal Kaliurang. Salah satu hal menarik yang bisa didapatkan di sini adalah pemandangan alam yang hijau dengan bukit – bukit yang tegak menjulang menyembul dibaliknya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang 10 tempat wisata di Yogyakarta terpopuler dan terindah yang wajib dikunjungi. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin liburan ke Yogyakarta.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *