Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Pada bagian gigi kita terdapat pulpa gigi yang terdiri atas jaringan, pembuluh darah dan juga saraf-saraf sensitif yang sangat rentan terhadap berbagai hal. Dan disaat pulpa gigi ini mengalami peradangan, maka akan timbulah rasa sakit pada gigi kita. Jika peradangan yang dialami oleh pulpa ini terbilang parah, maka akan membuat rasa sakit, nyeri, linu serta akan membuat masalah pembengkakan di bagian sekitar gigi yang sakit. Masalah peradangan yang timbul disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :
-Adanya penumpukan nanah pada bagian dasar gigi yang diakibatkan dari adanya masalah infeksi bakteri atau abses periapikal.
– Terjadinya penyusutan gusi.
– Gigi yang retak.
– Akibat kerusakan pada gigi yang dapat menyebabkan masalah gigi berlubang.
– Adanya gigi yang terjepit diantara gigi lain yang sedang tumbuh.
– Dan mungkin ada kerusakan pada tambalan gigi.

Biasanya para penderita sakit gigi yang diakibatkan oleh adanya gigi berlubang, akan merasakan gejala seperti :
– Timbulnya rasa nyeri disekitar gigi dan juga rahang.
– Masalah sakit kepala.
– Pembengkakan.
– Dan juga demam.
Tingkat keparahan pada nyeri yang terjadi pada sakit gigi berlubang akan bervariasai, dimulai dari rasa nyeri yang ringan, sedang dan berat. Rasa sakit yang muncul ada yang bersifat konstan atau terjadi secara terus menerus atau berulang-ulang. Jika biasanya saat sakit gigi berlubang datang, kita selalu mengandalkan obata-obatan berbahan kimia untuk mengobatinya, mulai sekarang sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan kima tersebut, bisa terlebih dahulu mencoba pengobatan alami untuk membantu mengatasi masalah sakit gigi berlubang dengan cara yang alami. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang.

1. Menggunakan Air Garam.

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang peranannya cukuplah besar dalam hal melezatkan makanan. Selain bermanfaat untuk penyedap rasa, garam yang memiliki rasa asin ini ternyata dapat digunakan sebagai obat alami yang dapat membantu mengobati sakit gigi. Didalam garam terdapat kandungan yodium yang tinggi yang dapat membantu mengurangi rasa ngilu dan nyeri pada gigi. Garam juga berfungsi untuk membunuh bakteri atau kuman penyebab sakit gigi.
Caranya adalah dengan menyiapkan 3 sendok makan garam, kemudian larutkan garam tadi dalam segelas air hangat. Setelah itu aduk sampai garam hingga larut, dan gunakan air garam tersebut untuk berkumur kurang lebih selama 1 menit. Jika sakit gigi sudah membaik, maka hentikan pemakaian, karena menggunakan garam secara berlebihan dapat menyebabkan gigi menjadi keropos.

2. Menggunakan Belimbing Wuluh.

Belimbing wuluh memiliki rasa yang sangat masam, sehingga banyak dari kita yang kurang menyukainya. Biasanya belimbing wuluh digunakan untuk campuran dalam masakan untuk mencipatakan sensasi asam pada masakan. Namun tahukah kita dibalik rasanya yang kurang bersahabat dengan lidah kita, belimbing wuluh ternyata dapat kita gunakan sebagai oba alami untuk membantu mengatasi sakit gigi yang kita alami.
Mudah saja untuk penggunaannya, yaitu dengan menyiapkan belimbing wuluh yang belum matang sebanyak 2 biji, kemudian hauskan dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Tunggulah selama 10 menit kemudian bilas dengan berkumur memakai air hangat.

3. Memakai Bawang Putih.

Bawang putih dikenal memiliki sifat antiseptik yang sangat baik untuk digunakan dalam mengatasi masalah peradangan di dalam tubuh. Seperti untuk mengatasi sakit gigi yang disebabkan oleh adanya peradangan yang ditimbulkan oleh kuman dan juga bakteri penyebab sakit gigi.
Untuk mengobati sakit gigi dengan bawang putih, caranya adalah dengan menyiapkan satu siung bawang putih, kupas kulitnya kemudian haluskan. Tempelkan bawang putih yang sudah halus tadi pada bagian gigi yang sakit kurang lebih selama 10 menit. Bisa juga menambahkan sedikit garam di dalam bawang putih tadi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat. Jika persediaan bawang putih sedang kehabisan, maka bisa menggantinya dengan bawang merah.

4. Menggunakan Cengkeh.

Biasanya cengkeh yang kita gunakan sudah dalam berbentuk minyak yang dibuat dari ekstrak cengkeh. Minyak cengkeh inilah yang akan kita gunakan untuk membantu mengobati sakit gigi berlubang. Sebab minyak ekstrak cengkeh didalamnya mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah peradangan pada gigi.
Cara mengobati sakit gigi dengan minyak cengkeh adalah dengan menyiapkan minyak cengkeh sebanyak tiga sendok makan. Kemudian celupkan kapas kedalam minyak cengkeh dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Diamkan selama 30 menit dan setelah itu bisa berkumur dengan air hangat untuk membersihkannya.

5. Biji Asam Jawa.

Kita bisa memanfaatkan bahan alami seperti biji dari asam jawa ini untuk membantu mengobati sakit gigi berlubang. Biji asam jawa ini bekerja dengan membunuh bakteri atau kuman yang menjadi penyebab timbulnya sakit gigi. Selain itu, biji asam jawa ini mampu mengatasi rasa ngilu yang amat menyiksa pada gigi kita.
Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa secukupnya, kemudian tumbuklah sampai halus. Tambahkan sedikit air dan juga sedikit garam pada hasil tumbukan asam jawa tadi dan aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan secara merata pasta tadi pada bagian gigi kita yang sakit dan diamkan selama 10 menit dan berkumurlah dengan air hangat.

6. Menggunakan Merica.

Bahan alami selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk mengobati sakit gigi adalah dengan menggunakan merica atau lada. Merica ini adalah bahan alami yang ampuh untuk membantu menenangkan gigi kita yang sensitif. Sebab merica memiliki sifat anti peradangan yang kuat yang mampu meringankan sakit gigi berlubang secara efektif.
Caranya mudah saja yaitu dengan mencampurkan merica bubuk dan juga garam dan sedikit air, aduk sampai berbentuk seperti pasta. Letakan pasta merica tadi pada bagian gigi yang berlubang selama 30 menit. Terakhir kumurlah dengan air hangat hingga bersih.

7. Jeruk Nipis.

Jeruk nipis banyak mengandung senyawa antibiotik alami yang mampu mengobati masalah sakit gigi berlubang yang diakibatkan oleh adanya kuman atau bakteri yang bersarang didalamnya.
Untuk penggunaannya tidaklah sulit yaitu dengan menyiapkan 1 buah jeruk nipis kemudian potonglah menjadi dua bagian. Peras hingga kita bisa mendapatkan airnya paling tidak satu sendok makan. Usapkan air perasan jeruk nipis pada gigi yang sakit selama 10 menit, terakhir kumur-kumur hingga bersih menggunakan air hangat.

Bahan alami lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati sakit gigi berlubang diantaranya biji buah alpukat, daun jambu biji, cabe rawit, getah jarak, serai, jahe dan lain sebagainya.