Ini Dia Jenis Makanan Sehat Sebagai Sumber Vitamin D Terbaik Untuk Tubuh

Tahukah kamu bahwa vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki peranan cukup besar di dalam tubuh. Vitamin D ini dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang, membantu penyerapan kalsium, mengontrol kadar gula darah, dan ikut serta memberikan fungsinya sebagai sitem kekebalan tubuh. Apabila tubuh tidak memiliki asupan vitamin D yang cukup atau kekurangan vitamin D, maka dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan di dalam tubuh seperti menurunnya daya tahan tubuh, meningkatnya risiko penyakit kanker dan juga gangguan pada tulang seperti osteoporosis dan juga rakitis. Untuk itu penuhilah kebutuhan vitamin D ini setiap harinya, agar kesehatan tubuh akan selalu terjaga dan terlindungi dengan baik.


Untuk mendapatkan asupan vitamin D, kamu bisa memanfaatkan sinar matahari pagi dengan mencoba untuk mandi matahari dijam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Paparan sinar matahari pagi akan mengubah molekul kulit yang dikenal dengan 7- dehydrocholesterol menjadi bentuk vitamin D yang disebut dengan cholecalciferol. Akan tetapi sedikit sulit untuk mengetahui apakah tubuh sudah mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dari sinar matahari saja. Untuk itu tetap dibutuhkan asupan vitamin D ini dari berbagai sumber yang lain seperti yang berasal dari makanan guna membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Adapun makanan yang bisa menjadi sumber vitamin D bagi tubuh adalah sebagai berikut.

8 Makanan Sehat Sebagai Sumber Vitamin D.

1. Ikan Salmon.
Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang didalamnya banyak mengandung vitamin D. Untuk mendapatkan kandungan vitamin D pada ikan salmon dibutuhkan kandungan lemak dalam tubuh, pasalnya vitamin D pada ikan salmon merupakan vitamin D yang larut di dalam lemak. Selain kaya akan vitamin D, ikan salmon juga dilengkapi dengan kandungan asam lemak omega- 3 . Dalam setengah iris daging ikan salmon segar atau setara dengan 155 gram mengandung sekitar 1035 IU vitamin D. Kita juga bisa mengkonsumsi ikan salmon kaleng untuk bisa memperoleh asupan vitamin D.

2. Jamur.
Selanjutnya bahan makanan yang banyak mengandung vitamin D adalah jamur. Jamur yang banyak mendapatkan paparan sinar matahari atau ultraviolet B diketahui banyak mengandung vitamin D di dalamnya. Adapun jenis jamur yang bisa kita konsumsi antara lain jamur kuping, jamur kancing, jamur shiitake yang didalamnya banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Jika kita mengkosumsi jamur kancing yang telah terpapar sinar matahari semala 2 jam akan menghasilkan kandungan 734 IU vitamin D dalam setiap cangkirnya atau sebesar 70 gram. Untuk jamur shiitake yang merupakan jamur dari negara Jepang ada sekitar 41 IU vitamin D di dalam 1 cangkir irisannya yang setara dengan 145 gram. Jamur bisa menjadi menu favorit yang lezat, enak dan menyehatkan. Karena selain rendah lemak dan kalori, harga dari jamur ini tidaklah begitu mahal bahkan terjangkau.

3. Ikan Tuna.
Selain ikan salmon, ikan tuna juga tergolong kedalam jenis ikan yang banyak menyimpan kandungan vitamin D. Meskipun untuk harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan ikan salmon, ikan tuna juga tetap memberikan asupan vitamin D yang tak jauh berbeda dengan ikan salmon. Ikan tuna juga temasuk kedalam jenis ikan berlemak yang diperkaya dengan kandungan protein dan asam lemak omega 3. Setiap satu porsi daging tuna atau sebesar 85 gram mampu memberikan asupan vitamin D sebesar 200 IU. Biasanya ikan tuna lebih mudah didapat dalam kemasan kaleng.

4. Minyak Hati Ikan Kod.
Minyak hati ikan kod banyak mengandung vitamin D serta asam lemak omega 3 dalam jumlah yang cukup banyak. Minyak hati ikan kod bahkan dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 75 persen hanya dalam takaran kecil yaitu dalam 1 sendok teh saja. Dalam 100 gram minyak hati ikan kod mengandung 10.000 IU vitamin D. Sehingga dapat dikatakan bahwa minyak hati ikan kod merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik. Meskipun kebanyakan dari kita masih belum terbiasa dengan rasa yang dimiliki oleh minyak hati ikan kod ini. Namun mulai sekarang sudah banyak tersedia minyak hati ikan kod yang mengandung rasa, sehingga lebih mudah untuk mengkonsumsinya.

5. Udang.
Udang adalah makanan laut yang sangat dikenal dengan kandungan proteinnya. Namun perlu kita tahu bahwa udang juga salah satu sumber vitamin D terbaik. Tidak hanya itu, udang juga mengandung asam lemak omega 3 dan sangat rendahlemak dan juga kalori. Dalam satu pors udang atau 85 gram udang mengandung 129 IU vitamin D. Untuk bisa mendapatkan manfaat baik dari udang, lebih baik konsumsi udang dengan cara dikukus atau direbus.

6. Susu.
Selanjutnya sumber vitamin D untuk tubuh juga bisa kita dapatkan dari minuman lezat yaitu susu. Susu banyak mengandung vitamin D dan juga sumber nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Selain sumber vitamin D, susu juga dikenal sebagai sumber kalsium dan juga mineral yang jumlahnya sangat tinggi. Sehingga akan berguna untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi. Susu sapi dalam bentuk murni atau skim sama-sama mengandung vitamnin D bahkan ada berbagai macam bahan tambahan lainnya yang juga baik untu tubuh kita. Didalam 1 cangkir susu yang setara dengan 244 gram susu mengandung 127 IU vitamin D.

7. Telur.
Telur merupakan salah satu bahan makanan yang paling mudah kita dapatkan disekitar kita. Tidak hanya harganya yang terjangkau, namun telur memiliki rasa yang gurih dan lezat untuk kita jadikan lauk dalam menu makan kita sehari-hari. Telur juga salah satu sumber makanan yang banyak mengandung vitamin D. Dalam 1 butir telur berukuran besar setara dengan 50 gram mengandung 44 IU vitamin D, dan jika dalam satu cangkir telur sebanyak 136 gram akan mengandung 120 IU vitamin D. Bagian telur yang banyak mengandung vitamin D adalah di bagian kuningnya. Sedangkan untuk bagian putihnya ada banyak kandungan protein didalamnya. Sehingga jika mengkonsumsi telur ada baiknya harus dihabiskan hingga seluruhnya, agar manfaatnya dapat lebih maksimal masuk kedalam tubuh.

8. Sarden.
Kebanyakan dari masyarakat umum, memang jarang mengkonsumsi jenis ikan salmon ataupun tuna. Dan untuk mengganti kedua jenis ikan tersebut, maka bisa menggunakan sarden untuk tetap bisa memberi asupan vitamin D dan berbagai macam kandungan mineral penting lainnya untuk tubuh. Untuk 100 gram ikan sarden kurang lebih mengandung 192 IU vitamin D.

Itu dia tadi beberapa pilihan makanan sumber vitamin D terbaik untuk tubuh kita.