Inilah Cara Alami yang Efektif Mengobati Gusi Bengkak

Selain masalah sakit gigi yang sangat mengganggu, masalah gusi bengkak yang kita alami juga dapat membuat kita kalang kabut dibuatnya. Rasa sakit yang timbul dari masalah gusi bengkak tidak jauh berbeda dengan rasa sakit gigi yang sama-sama dapat menimbulkan rasa berdenyut yang teramat sangat menyiksa yang bisa sampai terasa pada bagian kepala. Biasanya dari masalah gusi bengkak yang dibiarkan ini, akan menjalar pada masalah sakit gigi yang semakin lama dibiarkan akan semakin menjadi-jadi. Bagi siapa saja yang pernah mengalami masalah gusi membengkak pasti sudah tahu betul sakitnya itu seperti apa.

Biasanya gusi bengkak ditandai dengan munculnya pembesaran pada bagian gusi yang tampak menonjol hingga pipi kita dapat terlihat seperti menggelembung. Bahkan gusi yang bengkak ini bisa sampai menutupi bagian gigi yang berada diatasnya atau disekitarnya. Penyebab gusi bengkak sebenarnya dikarenakan adanya tumpukan plak yang banyak mengandung bakteri yang dapat membuat masalah pada gusi ataupun gigi jika kita tidak rajin membersihkannya.


Selain itu, masalah gusi bengkak ini juga dapat dikarenakan oleh beberapa hal yaitu, infeksi virus atau jamur, gingivitis, kurang asupan makanan yang bergizi, kehamilan dan juga skorbut. Skorbut adalah kondisi tubuh yang tidak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Untuk membantu mengobati gusi bengkak ini sebenarnya ada cara tradisional atau alami yang dapat kita coba sebelum memutuskan untuk meminum berbagai obat berbahan kimia yang banyak efek sampingnya. Berikut cara mengatasi gusi bengkak secara alami.

Cara Alami Mengatasi Masalah Gusi Bengkak.

1. Ketahui Penyebabnya.
Karena gusi bengkak dapat disebabkan oleh beberapa hal, maka penting bagi kita untuk mencari tahu penyebab dari gusi bengkak yang kita alami, sebelum melakukan pengobatan, sehingga dengan kita tahu penyebabnya akan memudahkan bagi kita untuk mencari solusi pengobatannya. Perlu untuk kita ketahui bahwa pergantian pasta gigi, obat kumur, pemasangan gigi palsu, dan segala perlengkapan yang digunakan untuk gigi dapat memicu masalah gusi bengkak. Untuk itu, jika sampai terjadi masalah pembengakakan pada gusi setelah melakukan hal-hal yang berkaitan dengan gigi, maka segera atasi dengan baik sesuai penyebabnya.

2. Menjaga Kebersihan Mulut.
Masalah gusi bengkak adalah salah satu gangguanpada mulut yang sangat umum terjadi. Terkadang kita memiliki kebisaan malas untuk membersihkan gigi dan mulut, sehingga hal ini akan berpotensi besar pada timbulnya masalah gusi membengkak. Hindari menjaga kebersihan mulut dan gigi hanya pada waktu gigi atau gusi kita mengalami masalah, namun usahakan untuk setiap hari terus menjaga kebersihannya.

Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, sebenarnya sangatlah mudah untuk kita lakukan, seperti,
– Menggosok gigi paing tidak 2 kali sehari pada waktu pagi setelah sarapan, dan dimalam hari sebelum tidur.
– Jika masalah gusi bengkak sedang kita rasakan usahakan untuk memakai sikat gigi yang lembut, gosoklah secara pelan dengan gerakan melingkar.
– Lakukan flossing atau membersihkan gigi dengan benang khusus untuk gigi.
– Setelah makan usahakan untuk selalu berkumur-kumur yang berguna untuk membersihkan sisa makanan yang tidak dijangkau oleh sikat gigi. Bila perlu gunakan obat kumur agar kebersihan mulut semakin terjaga.

3. Berkumur Dengan Air Garam.
Untuk membantu meredakan rasa sakit akibat gusi yang bengkak adalah dengan berkumur menggunakan air garam yang hangat. Air garam mengandung sifat anti bakteri yang berguna untk membunuh kuman penyebab gusi bengkak, dan bersifat anti inflamasi yang akan membantu mengatasi peradangan yang timbul dari gusi bengkak ini. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 gelas air hangat kemudian tambahkan satu sendok teh garam, aduk hingga larut dan gunakan air garam tersebut untuk berkumur selama 1 menit dan lebih fokuslah pada bagian gusi yang bengkak. Ulangi sampai 4 kali dalam sehari.

4. Perbanyak Konsumsi Vitamin C dan D.
Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan ikat, meregenerasi tulang dan menjaga kesehatan gusi. Untuk itu mulai sekarang konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, anggur, kiwi, mangga, pepaya, lemon, stroberi dan juga jambu. Sedangkan vitamin D memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengobati masalah gusi bengkak dan mencegahnya agar tidak kambuh lagi. Kita bisa mendapatkan asupan vitamin D ini dari sinar matahari pagi dengan berjemur selama kurang lebih 15 sampai 20 menit setiap harinya. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D.

5. Perbanyak Minum Air Putih.
Saat gusi bengkak, sebaiknya tinggalkan minuman-minuman yang banyak mengandung glukosa seperti kopi, teh, soda dan minuman beralkohol yang dapat membuat radang pada gusi. Untuk mengganti minuman tersebut, lebih baiknya kita memperbanyak asupan air putih setiap harinya. Air putih berguna untuk mencegah pembentukan plak atau karang gigi yang dapat menjadi penyebab dari gusi bengkak.

6. Mengurangi Stres.
Secara tidak langsung ternyata stres dapat menjadi salah satu penyebab dari masalah gusi bengkak. Stres dapat membuat daya tahan tubuh melemah sehingga tubuh tidak dapat melawan serangan bakteri atau kuman yang bisa menyebabkan masalah gusi membengkak.

7. Cobalah Obati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami.
Jika rasa sakit akibat gusi bengkak sudah tidak bisa ditahan lagi, maka cobalah untuk mengobatinya dengan bahan-bahan alami berikut ini :
– Kantung Teh.
Di dalam teh terdapat kandungan asam tannic yang berguna untuk meringankan infeksi pada gusi dan membantu mengurangi masalah iritasi yang dapat menyebabkan masalah gusi bengkak secara alami. Mudah saja untuk menggukannya, yaitu dengan menyeduh teh kantong dengan air panas kemudian angkatlah dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin, tempelkan teh kantong tadi pada bagian gusi yang membengkak selama 5 menit, lakukan secara berulang.
– Madu Murni.
Madu murni mempunyai sifat antiseptik dan anti bakteri yang terbukti efektif mampu mengatasi masalah gusi bengkak yang diakibatkan oleh gingivitis. Usapkan secukupnya saja madu pada bagian gusi yang membengkak setelah menyikat gigi. Lakukan secara teratur.

– Baking Soda.
Selanjutnya bahan alami untuk menyembuhkan gusi bengkak adalah baking soda. Baking soda mampu menetralisir asam di mulut, sehingga secara aktif akan mengurangi rasa sakit akibat permasalahan mulut seperti gusi bengkak, sakit gigi dan kerusakan gigi lainnya. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan melarutkan baking soda secukupnya dengan air hangat dan aduk sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada bagian gusi yang sakit dan bengkak dan diamkan beberapa saat supaya kandungan dalam baking soda meresap dengan baik.

Itulah tadi beberapa cara alami untuk mengatasi gusi bengkak, yang bisa kamu coba mempraktekannya jika sampai masalah gusi bengkak datang menyerangmu.