Inilah Daftar Makanan Sehat yang Baik Untuk Jantung

Penting untuk diketahui, bahwa saat ini penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit pembunuh tertinggi di dunia. Mengingat penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, maka kitapun harus lebih berhati-hati lagi terhadap serangan penyakit yang satu ini. Diketahui bahwa makanan yang kita konsumsi setiap harinya memiliki peranan yang sangat besar terhadap munculnya penyakit jantung. Sehingga apapun yang kita konsumsi akan memberikan andil pada kondisi jantung. Semakin baik menu makanan yang kita makan maka akan memberikan dampak yang baik pula untuk kesehatan jantung. Dan sebaliknya, apabila menu makanan kita tidak dijaga dengan baik maka jangan heran jika organ jantung dapat menerima imbasnya.


Terkadang gaya hidup pada masa sekarang ini memang terkesan sulit untuk bisa menerapkan pola makan sehat setiap harinya. Godaan dari berbagai jenis makanan yang kurang sehat dan rendah akan nilai gizi terkadang tetap dikembangkan oleh sebagian orang. Maka dari itu penderita penyakit jantung dari waktu ke waktu tetap mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran diri untuk bisa menciptakan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, menjalankan pola hidup sehat dan lain sebagainya.
Bagi kita yang ingin terus memiliki jantung yang sehat, mulai hari hari ini perhatikan asupan makan sehari-hari dan cobalah masukan beberapa daftar makanan yang baik untuk kesehatan jantung berikut ini.

Daftar Makanan yang Menyehatkan Organ Jantung.

1. Ikan Salmon.
Untuk bisa mendapatkan jantung yang sehat, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan salmon yang dikenal banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan salmon tinggi akan kandungan asam lemak omega 3 yang dapat memberikan efek anti pembekuan, yang akan berguna untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 juga berperan dalam menurangi triglycerides yang merupakan lemak jahat penyebab penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi ikan salmon juga akan mencegah gangguan ritme pada jantung yang tidak teratur. Untuk itu disarankan agar mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2 porsi atau lebih setiap minggunya agar dapat mengurangi risiko tubuh terserang penyakit jantung sebesar 30 persen. Selain ikan salmon, kita juga bisa menyelingi dengan berbagai jenis ikan lainnya untuk bisa memperoleh manfaat yang sama seperti ikan tuna, mackerel dan ikan sarden.

2. Buah Pisang.
Selanjutnya untuk makanan yang baik bagi kesehatan jantung adalah buah pisang. Didalam satu buah pisang kira-kira mengandung 12 persen kadar potassium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh. Potaasium yang di ambil dari buah pisang akan berguna untuk menjaga fungsi jantung agar tetap bisa berada dalam kondisi yang baik serta akan membantu menyeimbangkan kadar sodium dan air dalam tubuh. Potassium juga berfungsi untuk membantu organ ginjal dalam mengekskresikan kelebihan sodium yang berkonstribusi terhadap tekanan darah yang sehat dan stabil.

3. Kacang-kacangan.
Didalam kacang-kacangan terdapat banyak kadungan sehat seperti vitamin, mineral dan kandungan lemak tak jenuh yang dapat menyehatkan organ jantung. Didalam kacang-kacangan juga mengandung lemak jenuh, akan tetapi kadarnya sangat rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, hazelnut dan walnut sebanyak 2 sampai 4 hari dalam satu minggu. Maka kesempatan tubuh terserang penyakit jantung menjadi lebih kecil.

4. Buah Apel.
Buah apel juga sangat dikenal sebagai salah satu makanan yang baik untuk jantung serta mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan antioksidan flavonoid di dalam buah apel merupakan salah satu senyawa yang penting untuk mencegah kolesterol jahat yang dihasilkan dari proses aksidasi yang dapat membuat penumpukan plak pada arteri sekaligus menekan masalah peradangan. Buah apel juga menyimpan kadungan serat pectin yang berguna untuk mengurangi kadar kolesterol dan banyak mengadung vitamin C.

5. Tomat.
Tomat juga masuk kedalam daftar makanan sehat yang baik untuk jantung, sebab tomat merupakan sumber dari vitamin C, vitamin A, serat dan juga potassium. Selain itu, tomat juga tinggi akan kandungan likopen yang akan bekerja sama dengan berbagai vitamin dan juga mineral guna memberikan perlindungan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Dengan mengkonsumsi tomat yang sudah dimasak akan membantu menjaga kesehatan jantung, walaupun proses memasak ini dapat mengurangi kadar vitamin C di dalam tomat, akan tetapi untuk kandungan antioksidan dan juga likopennya tetap masih trsedia di dalamnya.

6. Delima.
Delima dapat dikatakan sebagai sumber antioksidan paling tinggi jika harus dibandingkan dengan buah kaya antioksidan seperti cranberry dan blueberry. Delima yang kita konsumsi berguna untuk mengurangi tumpukan plak pada arteri serta menurunkan tekanan darah tinggi. Semua manfaat yang di suguhkan oleh delima dipercaya berasal dari adanya kandungan tannin dan polyphenol di dalam buah delima.

7. Teh Hijau.
Kandungan antioksidan yang berupa catechin pada teh hijau dikenal untuk membantu meningkatkan kesehatan organ jantung. Catechin mampu menghambat inflamasi tubuh terhadap bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit pada gusi. Perlu untu diketahui, bahwa seseorang yang memiliki penyakit gusi akan memiliki kesempatan dua kali besar berisiko terkena penyakit jantung.

8. Minyak Kelapa.
Minyak kelapa juga bisa kita ambil manfaatnya untuk membantu memelihara kesehatan jantung. Walaupun di dalam minyak kelapa terkandung zat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, akan tetapi minyak kelapa juga berperan sebagai peningkat kolesterol baik di dalam tubuh, sekaligus mampu menyeimbangkan dampak buruk yang ditimbulkan dari hal tersebut. Molekul medum-chain fatty acid yang ada pada minyak kelapa tidak mengandung lemak trans yang dapat membuat masalah plak pada pembuluh darah.

9. Cokelat Hitam.
Cokelat hitam merupakan makanan lezat dan enak yang mempunyai manfaat yang baik dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi cokelat hitam ternyata juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan peradangan. Senyawa epicatechin pada cokelat hitam mampu meningkatkan oksda nitrat yang begitu baik untuk organ jantung.

10. Minyak Zaitun.
Minyak zaitun merupakan minyak sehat yang dapat mengurangi kadar lemak jenuh dalam tubuh. Lemak trans yang berasal dari hewan merupakan salah satu pencetus terjadinya peningkatan kolesterol jahat serta tumpukan lemak di dalam arteri.

11. Buah Berry.
Ada berbagai macam buah berry yang didalamnya sangat kaya kandungan polyphenol. Hal ini berguna untuk meningkatkan kadar oksida nitrat yaitu suatu molekul yang dapat menghasilkan efek yang baik yaitu bekerja melancarkan pembuluh darah serta mengurangi masalah tekanan darah tinggi. Sehingga hal ini akan sangat baik untuk menjanga kesehatan jantung.

Itulah tadi beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik untuk jantung, yang bisa kita masukan dalam daftar menu sehari-hari. Dan jangan lupa berolahragalah secara teratur agar kesehatan jantung semakin terjaga.