Inilah Efek Samping Mengonsumsi Susu Bagi Tubuh

Susu adalah salah satu sumber vitamin paling baik untuk tubuh, berbagai macam zat dan vitamin bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi susu setia hari, mulai dari kalori, protein, lemak, kalsium dan lain sebagainya. Bisa dibilang susu memiliki ragam vitamin kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Secara garis besar susu sangat kaya kandungan kalsium yang dapat membantu tulang menjadi kuat dan terhindar dari masalah osteoporosis. Selain itu susu juga dikenal karena kandungan protein tinggi di dalamnya sehingga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan terutama dalam menetralisir racun.


Begitu banyaknya kandungan yang ada di dalam susu sehingga kini susu sudah diolah dan dicampur dengan berbagai olahan makanan, produk olahan susu memiliki jenis dan macan yang sangat banyak mulai dari keju, yogurt, es krim dan lain sebagainya. Semua produk olahan yang terbuat dari susu memang menawarkan rasa yang nikmat dan lezat, selain itu kandungan yang ada di dalam susu juga semakin lengkap akibat tambahan produk olahan tersebut. Namun perlu anda ketahui bahwa apapun jenis makanan yang di dunia sudah barang tentu mereka tidak hanya memiliki kelebihan dan manfaatnya saja, namun semua jenis makanan memiliki efek samping dan dampak buruk jika dikonsumsi, meskipun terkadang efek samping tersebut tidak begitu banyak, namun tetap saja memiliki efek samping.

Begitu juga degan susu, susu yang kaya vitamin dan zat alami bermanfaat di dalamnya memang sudah terbukti baik untuk tubuh. Namun ternyata susu juga memiliki efek samping jika dikonsumsi, meskipun efek samping susu tak sebanding dengan banyaknya kandungan yang dimilikinya, namun sebagian orang ada yang mengalami efek samping dari susu ini. Dan berikut efek samping mengonsumsi susu bagi tubuh.

1. Gangguan Pencernaan
Susu memiliki kandungan laktosa yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga beberapa orang yang memiliki masalah degan laktosa atau intoleransi laktosa akan mengalami gejala buruk seperti mual, keram serta diare selama mereka mengonsumsi susu. Kondisi ini adalah kondisi dimana tubuh tak lagi mampu memecah laktosa sehingga laktosa akan sangat mengganggu pencernaan anda.
Namun tidak semua orang memiliki masalah dan gangguan laktosa ini, namun bagi mereka yang memilikinya mungkin tidak akan bermasalah jika hanya seteguk susu saja, namun akan berdampak jika mengonsumsi susu dalam jumlah yang banyak seperti satu gelas dan selebihnya. Jadi sebaiknya bagi anda yang memiliki masalah degan laktosa sebaiknya konsumsi susu rendah laktosa atau bahkan yang tanpa laktosa sekalipun.

2. Gangguan Penyerapan Zat Besi
Efek samping selanjutnya akibat mengonsumsi susu adalah terjadi masalah penyerapan zat besi, dimana dengan kondisi ini tubuh akan mengalami kekurangan zat besi dan juga dapat mengalami anemia. Bagi orang dewasa kondisi ini memang tidak terlalu membahayakan, namun pada anak bayi kondisi gangguan penyerapan zat besi justru akan berdapat pada kesehatan karena bayi akan mengalami kekurangan zat besi. Sehingga pihak jasa kesehatan sangat merekomendasikan agar bayi dibawah usia 12 bulan tidak boleh diberikan susu sapi hingga anak berusia 5 tahun.

3. Mengakibatkan Jerawat
Kandungan insulin dan hormon yang ada di dalam susu ternyata dapat menjadi pemicu timbulnya kerawat di wajah. Terutama bagi para remaja wanita yang doyan mengonsumsi susu maka jangan heran jika wajah mereka akan dipenuhi jerawat. jadi sebaiknya jika anda memiliki kulit berminyak yang dapat mempercepat pertumbuhan jerawat sebaiknya kurangi mengonsumsi susu terlebih dahulu, dan selalu rajin membersihkan wajah setiap hari.

4. Mengalami Alergi Susu
Efek samping mengonsumsi susu akan terjadi kepada mereka yang mengalami masalah alergi susu, dimana tubuh seseorang akan merespons terhadap protein dan kendungan yang ada di dalam susu. Alergi susu beda degan intoleransi laktosa, dimana efek samping alergi susu seperti batuk, sakit perut, mata gatal, muntah dan lain sebagainya. Efek samping ini akan terjadi beberapa menit paska penderita alergi susu mengonsumsi susu, selain itu alergi susu juga dapat berkembang menjadi reaksi anafilaksis yang akan berdampak pada keselamatan jiwa seseorang.

Jadi meskipun susu sejatinya memiliki banyak sekali kandungan dan vitamin di dalamnya, namun perlu anda ketahui bahwa susu juga memiliki efek samping jika dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah seperti di atas. Namun jika tubuh anda dalam keadaan normal dan tidak mengalami gangguan dan kelainan seperti yang telah disebutkan maka anda tak perlu khawatir mengenai efek samping susu ini. Bahkan sangat disarankan rutin mengonsumsi susu setiap hari guna mendapatkan khasiat dan manfaat yang ada di dalam susu tersebut.