Inilah yang Terjadi pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Konsumsi Protein

Protein adalah salah satu zat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, fungsi protein di dalam tubuh bisa dikatakan sangat vital dan penting sekali, pasalnya tubuh yang kekurangan protein akan banyak mengalami gangguan fungsi tubuh serta penyakit berbahaya. Protein itu sendiri merupakan senyawa organik yang memiliki bobot molekul tinggi di dalamnya, di dalam protein terkandung karbon, oksigen, nitrogen serta fostor. Sehingga dengan kandungan yang ada di dalam protein tersebut maka tak heran jika semua mahluk hidup di dunia ini akan membutuhkan protein untuk proses tumbuh kembang dan fungsi organ di dalam tubuhnya.

Sumber protein bisa didapatkan dari beragam makanan yang kita konsumsi seperti susu, daging putih, kacang, keju dan lain sebagainya. Penting sekali bagi kita untuk melengkapi kebutuhan protein setiap hari agar terhindar dari beragam masalah kesehatan sepertii pertumbuhan tubuh tidak maksimal, perubahan warna kulit, masalah pencernaan, rambut rontok dan lain sebagainya. Masih banyak efek akibat tubuh tidak terlengkapi protein. Jadi sebaiknya tetap perhatikan dan penuhi semua kebutuhan nutrisi dan gizi dalam tubuh terutama protein. Namun perlu dipastikan, apapun jenis vitamin dan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita sebaiknya jangan sampai melebihi dari jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Kelebihan protein justru akan berdampak buruk bagi kesehatan dan bahkan lebih parah dibanding kekurangan zat tersebut. Secara umum fungsi protein adalah sebagai zat yang membantu pertumbuhan otot, metabolisme tubuh serta membantu pembakaran lemah di dalam tubuh. Selain itu masih banyak lagi fungsi dan manfaat protein bagi tubuh kita, yang intinya protein adalah zat yang harus dilengkapi setiap hari agar pertumbuhan dan organ tubuh kita dapat berkerja secara normal dan terhindar dari beragam gangguan penyakit. Begitu pula sebaliknya, tubuh yang mengalami kelebihan protein juga akan memiliki efek tidak baik bagi tubuh. Dan berikut efek jika tubuh kelebihan protein.

  1. Berat Badan Meningkat

Kadar protein yang normal akan membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit, sedang jika anda kelebihan mengonsumsi makanan yang mengandung protein sehingga jumlah protein di dalam tubuh anda meningkat maka efek pertama yang akan terjadi adalah meningkatnya berat badan anda. Karena pada dasarnya di dalam 1 gram protein terdapat lebih kurang 4 kalori, kalori tersebut jika terus tertumpuk akan menjadi timbunan lemak dan dapat meningkatkan kadar gula darah. Orang yang memiliki berat badan berlebih biasanya akan cenderung mudah sakit serta dapat mengidap penyakit berbahaya seperti obesitas, jantung dan lain sebagainya.

  1. Gangguan Pada Ginjal

Tubuh yang memiliki kadar protein terlalu tinggi akan memaksa ginjal lebih keras dalam menyaring limbah dan sisa makanan. Karena pada dasarnya ginjal itu sendiri merupakan organ tubuh yang berfungsi menyaring dan membersihkan limbah dari hasil makanan yang dicerna.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ginjal orang yang berprotein tinggi akan mengalami masalah dan gangguan. pasalnya pada saat tubuh terlalu banyak protein maka tubuh akan mencoba mengeluarkan limbah nitrogen dari darah yang akhirnya akan memaksa kerja ginjal dan dapat membuatnya mengalami gangguan.

Meskipun kelebihan protein tidak memicu masalah berbahaya, namun kinerja ginjal yang terus dipaksa akan dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Selain itu protein tinggi di dalam tubuh juga akan memicu timbunan lemak dan mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya.

  1. Mengakibatkan Dehidrasi

Tubuh yang memiliki protein terlalu banyak akan memaksa ginjal membuang nitrogen di dalamnya, proses pembuangan limbah nitrogen tersebut akan membutuhkan banyak kadar air di dalam tubuh. Sehingga jika jumlah asupan cairan kurang, maka bisa dipastikan orang yang banyak memiliki protein akan cenderung mengalami masalah dehidrasi.

Dan perlu diingat, dehidrasi yang tak teratasi dapat mengakibatkan kerusakan organ serta dapat mengakibatkan kematian. Tubuh yang memiliki kadar protein berlebih akan selalu berupaya maksimal untuk menyingkirkan protein tersebut, dan akibatnya banyak mineral yang sejatinya diperlukan tubuh malah akan habis terpakai untuk membuang kelebihan protein tersebut.

Jadi meskipun protein adalah sumber tenaga dan energi bagi tubuh, namun tetap saja konsumsi protein berlebihan hanya akan berdampak buruk terhadap kesehatan terutama organ tubuh bagian pencernaan dan ginjal. Sebaiknya tetap perhatikan kadar asupan protein anda sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh, karena semua hal yang berlebih tentu itu tidak akan baik terutama jika menyangkut dengan kesehatan tubuh.