Ketahuilah Penyebab, Gejala Serta Pengobatan Penyakit Parkinson

Penyakit parkison adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan pada otak dan bagian saraf progresif yang dapat mempengaruhi gerakan motor system. Hal ini terjadi akibat adanya hilangnya sel-sel otak yang berfungsi untuk memproduksi dopamin. Penyakit ini akan mengalami perkembangan yang terjadi secara bertahap.
Gejala awal dari parkinson adalah berupa tremor atau rasa gemetaran ringan yang berada pada satu tangan. Meskipun demikian, gejala awal parkinsonjuga bisa saja menyebabkan kekakuan dan melambatnya suatu gerakan.

Penyebab Penyakit Parkinson.

Penyakit ini disebabkan oleh sel-sel saraf yang rusak pada bagian otak, yang dinamakan substantia nigra yang menghasilkan dopamin. Dopamin sendiri berfungsi untuk mengontrol serta mengkoordinasi gerakan pada tubuh. Apabila jumlah dopamin dalam otak terlalu sedikit akan mengakibatkan gerakan tubuh menjadi lambat serta menjadi tidak normal.


Hal-hal yang berkemungkinan menyebabka terjadinya kerusakan pada sel-sel saraf antara lain :

– Faktor Genetik.
Adanya perubahan genetik atau mutasi akan membuat seseorang berkemungkinan besar untuk terkena penyakit parkinson, meskipun secara mekanismenya masih beum bisa untuk diketahui secara jelas. Misalnya di dalam satu keluarga ada yang menderita penyakit parkinson yang terjadi akibat dari adanya gen didalam tubuh yang mengalami kerusakan dan akhirnya dapat diwariskan atau diturunkan dari orang tuanya kepada anaknya. Meskipun hal ini jarang terjadi, namun ada penderita penyakit parkinson yang memang berasal dari adanya faktor genetik.
– Usia.
Penyakit parkinson akan lebih sering menyerang seseorang pada usia 50 tahun sampai 70 tahun. Sehingga semakin umur seseorang mendekati 50 maka besar kemungkinan untuk bisa terkena penyakit ini.
– Faktor Lingkungan.
Lingkungan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab penyakit parkinson. Adanya polusi industri, lalu lintas, pencemaran akibat pemakaian pestisida dan juga herbisida yang sering digunakan didalam pertanian bisa mengakibatkan adanya pemicu dari rusaknya sel-sel saraf. Untuk hal ini penelitian masih terus dikembangkan untuk mencari kebenaran yang lebih jelas.

Penyebab Penyakit Parkinson Lainnya.

Parkinsonisme adalah istilah yang di pakai untuk menerangkan adanya gejala tremor, masalah kekauan otot serta melambatnya gerakan tubuh. Sedangkan untuk penyakit parkinson sendiri adalah dari jenis parkinsonisme yang umum terjadi, dan biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu
– Obat-obatan.
Banyak didapati gejala penyakit parkinson dapat muncul setelah seseorag meminum jenis obat-obatan tertentu seperti obat antispikotik dan gejala akan hilang ketika orang tersebut menghentikan pemakaian.
– Infark Serebral.
Parkinson akan timbul akibat dari adanya beberapa bagian otak yang mati lantaran adanya gangguan stroke berat.

Gejala Penyakit Parkinson.

Sebenarnya untuk tanda atau gejala dari penyakit parkinson ini memiliki keanekaragaman dari satu orang dengan orang yang lain , sehingga akan membuat tanda dan gejala yang dialami oleh penderita yang satu akan bisa berbeda dengan penderita yang lain. Ada juga beberapa kasus dari penyakit parkinson yang sama sekali tidak menunjukan suatu gejala apapun atau sulit untuk diketahui.
Biasanya untuk gejala dari penyakit parkinson akan di mulai pada bagian satu sisi tubuh yang dapat bersifat menetap pada bagian tersebut dan gejalanya dari hari ke hari akan bertambah buruk dan semakin buruk apabila tidak mendapatkan penanganan.

Adapun beberapa gejala awal dari penyakit parkinson antara lain sebagai berikut :

– Otot Kaku.
Selanjutnya gejala penyakit parkinson adalah terjadinya otot kaku yang bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Akibatnya otot kaku ini bisa sampai pada bagian wajah membuat wajah kaku dan hilang ekspresi dan sulit tersenyum.
– Gangguan Keseimbangan Serta Perubahan Postur Tubuh.
Seseorang yang menderita parkinson akan mengalami gangguan pada keseimbangannya sehingga akan membuatnya sulit berjalan, bergerak dan melakukan aktivitas. Penderita parkinson juga biasanya akan memiliki postur tubuh yang bungkuk.
– Kesulitan Berbicara.
Parkinson dapat menjadikan seseorang kesulitan untuk berbicara, atau terlalu cepat berbicara, suaranya lemah dan terdengar monoton bahkan disertai dengan keluarnya air liur yang terus menetes.
– Bradikinesia.
Bradikinesia adalah tanda adanya gerakan tubuh yang melambat yang membuat penderita tidak dapat melakukan banyak gerakan seperti biasanya. Hal ini dapat berbentuk keterlambatan dalam berjalan, tidak bisa berajak dari kursi, tidak dapat menaiki tangga dan lain sebagainya.
– Perubahan Pada Bentuk Tulisan.
Apabila penderita parkinson disuruh untuk menuliskan apa yang ingin dia katakan, maka bentuk tulisannyapun akan menjadi berubah. Tulisannya cenderung terlihat kecil-kecil dan akan merasa kesulitan saat menulis.
– Tremor.
Gejala dari penyakit parkinson salah satunya adalah tremor, yang bisa terjadi pada tangan bahkan saat sedang santai yang disebut dengan resting tremor. Tremor ini akan di mulai dari bagian tangan atau jari-jari tangan.

Pengobatan Penyakit Parkison.
Untuk pengobatan dari penyakit parkinson, hingga kini memang belum dapat ditemukannya obat yang tepat untuk mengobatinya. Akan tetapi ada beberapa macam obat masih dapat diberikan untuk membantu meringankan segala macam gejala yang ada.

Obat-obatan untuk penyakit parkinson antara lain :
– Apomorphine, Pramipexole, Ropinirole, Rotigotine.
Apomorphine, pramipexole, ropinirole, rotigotine adalah beberapa jenis obat untuk penyakit parkinson yang cara kerjanya hampir sama dengan dopamin atau dopamine agonist.
– Rasagiline dan Selegiline.
Rasagiline dan juga selegiline adalah obat-obatan yang diberikan kepada penderita penyakit parkinson yang bermanfaat untuk menghemat dopamin yang ada di dalam otak atau MAO B inhibitor.
– Levodopa.
Levodopa merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk meringankan gejala dari penyakit parkinson. Obat ini berguna untuk membantu menaikan jumlah dopamin di dalam otak.
Untuk penderita penyakit parkinson yang tidak bisa memberikan reaksi yang baik terhadap jenis obat-obatan tersebut, maka akan ditangani dengan tindakan selanjutnya yaitu dengan jalan operasi yang menggunakan metode penanaman electrode atau implantdi dalam otak yang disebut dengan deep barain stimulation.

Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab, gejala, serta pengobatan penyakit parkison. Perlu untuk diketahui bahwa sampai saat ini memang belum ada satu jenis terapi atau obat yang dapat menyembuhkan penyakit parkinson. Dan penting untuk diketahui lagi bahwa penyakit ini memiliki sifat menahun dan berlangsung secara progresif atau dapat dikatakan bahwa kondisi penyakit parkinson semakin lama akan semakin bertambah buruk.