Ketahuilah Tanda dan Gejala Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit berbahaya yang terkadang kurang disadari oleh para penderitanya. Banyak penderita penyakit ginjal yang tidak mengetahui gejala ataupun tanda dari penyakitnya, sehingga ketika mereka mengetahuinya kondisinya sudah parah dan itulah yang membuat penanganan penyakit ini menjadi lebih sulit. Sebenarnya ada beberapa tanda dari penyakit ginjal ini yang dapat dirasakan oleh penderita, akan tetapi memang terkadang gejala ini tidak dapat dirasakan oleh penderitanya jika belum memasuki tahapan yang kritis. Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk mengenal dan memahami gejala dari penyakit ginjal ini.
Mengingat bahwa penyakit ginjal dapat terjadi pada siapa saja, dan kapan saja. Untuk menambah pengetahuan kita mengenai penyakit ginjal ini, mari kita simak bersama informasi mengenai gejala penyakit ginjal dibawah ini.

Tanda dan Gejala Penyakit Ginjal.

1. Rasa Nyeri di Bagian Punggung.
Untuk gejala penyakit ginjal yang dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian punggung memang hampir setiap orang mengetahuinya. Namun perlu untuk diingat bahwa tidak semua gejala nyeri pada punggung itu merupakan penyakit ginjal. Biasanya nyeri punggung akibat penyakit ginjal dapat ditandai dengan adanya sakit kram yang sangat parah dan rasa sakit tersebut menjalar dari bagian punggung bawah ke bagian pangkal paha. Gejala tersebut juga merupakan tanda dari beberapa gangguan seperti penyakit ginjal polikistik, penyakit batu ginjal atau batu ureter serta masalah peradangan kronis yang terjadi dari dinding kandung kemih atau Interstitial cystitis.

2. Terjadi Perubahan Pada Sistem Kemih.
Gejala yang dapat dirasakan oleh penderita penyakit ginjal yang utama adalah terjadinya perubahan pada sistem kemih yaitu perubahan dari volume serta frekuensi berkemih, yang dapat ditandai dengan adanya :
– Terjadi peningkatan atau justru penurunan pada jumlah urine yang keluar.
– Frekuensi berkemih dapat bertambah dan berkurang, dan pada waktu malam hari biasanya cenderung lebih bertambah.
– Ketika berkeinginan untuk buang air kecil namun urine akan terasa sulit untuk dikeluarkan.
– Perubahan pada warna urine yang terlihat lebih gelap.

3. Tubuh Terasa Lelah dan Lemas.
Pada saat kondisi ginjal sehat tentu akan memproduksi hormon eritropoietin yang berguna untuk membantu proses pembentukan sel-sel darah merah. Akan tetapi jika ginjal mengalami masalah akan membuat kadar hormon eritropoietin menurun secara drastis . Sehingga akan mengakibatkan jumlah sel darah merah juga akan ikut menurun dan akhirnya dapat menyebabkan masalah anemia yang dapat membuat tubuh merasa mudah lelah, lemas, lesu dan tidak bersemangat.

4. Timbul Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil.
Apabila merasakan kesulitan untuk buang air kecil atau merasakan adanya tekanan dan rasa nyeri saat berkemih, maka hal ini dapat menjadi tanda adanya infeksi saluran kemih yang akan membuat penderita merasakan sensasi sakit seperti terbakar saat buang air kecil. Ketika infeksi ini sudah menjalar pada organ ginjal, umumnya akan menimbulkan demam dan juga rasa nyeri pada baian punggung.

5. Urine Berbusa.
Salah satu tanda penyakit ginjal yang sebaiknya jagan sampai diabaikan adalah jika terlihat urine yang dikeluarkan seperti berbuih dan berbusa. Hal ini terjadi karena adanya kebocoran protein dari dalam tubuh ke dalam urine yang berarti bahwa terdapat gangguan pada organ ginjal.

6. Pembengkakan Atau Edema.
Ginjal berperan sebagai penghilang limbah dan cairan ekstra dari tubuh. Jika sampai ginjal mengalami masalah, tentu fungsinya akan terganggu dan tidak dapat menjalankan tugasnya, akibatnya cairan ekstra ini akan terus menumpuk dalam tubuh dan akhirnya menimbulkan masalah pembengkakan. Bagian tubuh yang dapat mengalami pembengkakan adalah bagian kaki, pergelangan kaki, tangan dan juga wajah.

7. Timbul Ruam dan Gatal Di Kulit.
Penyakit kulit seperti rasa gatal memang sering dianggap sebagai salah satu bentuk alergi. Namun dalam kasus gagal ginjal juga akan menyebabkan masalah gatal dan timbulnya ruam dikulit. Tentunya karena disebabkan oleh adanya tumpukan limbah dan kotoran di dalam darah.

8. Sering Merasa Kedinginan.
Hal lain yang masih berhubungan dengan masalah anemia akibat penyakit ginjal adalah sering membuat seseorang mudah mengalami gejala kedinginan bahkan saat berada dalam ruangan yang hangat. Infeksi ginjal atau pielonefritis juga dapat membuat penderita merasakan menggigil, demam akibat selalu merasa kedinginan.

9. Sesak Napas.
Saat penyakit ginjal sudah semakin parah maka dapat menimbulkan penumpukan cairan di organ paru-paru sehingga menyebabkan sesak napas.

10. Mual dan Muntah.
Akibat organ ginjal tidak dapat membersihkan limbah dalam tubuh, maka akan membuat penderita terus mengalami mual dan juga muntah.

11. Nafsu Makan Berkurang.
Saat nafsu makan tiba-tiba ikut berkurang saat terjadi beberapa tanda pada tubuh maka, disarankan untuk benar-benar waspada. Sebab hilangnya nafsu makan apat terjadi akibat banyaknya tumpukan limba dan juga racun di dalam tubuh. Jangan abaikan masalah nafsu makan ini. Segera kunjungi dokter agar bisa segera mendapatkan penanganan.

12. Mulut Berbau Logam dan Amonia.
Selanjutnya untuk gejala dari penyakit ginjal dapat ditandai dengan adanya bau seperti amonia atau logam pada napas yang dikeluarkan. Akibat gagal ginjal akan membuat urea dalam darah jumlahnya semakin meningkat. Sehingga jika urea ini dipecah akhirnya menjadi amonia di dalam air liur dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Selain itu di mulut juga mengalami sensasi rasa logam atau dysgeusia.

13. Kehilangan Konsentrasi.
Gangguan tekanan darah rendah yang diakibatkan oleh adanya gangguan pada ginjal akan menyebabkan kinerja otak mengalami masalah. Hal ini akan membuat organ otak tidak mendapatkkan suplai oksigen yang cukup sehingga membuat penderita kehilangan konsentrasi dan sering merasa pusing.

14. Kencing Berdarah.
Jika sudah sampai mendapati adanya kandungan darah didalam urine, maka ini merupakan sutu gejala dari penyakit ginjal yang tidak boleh dianggap remeh lagi. Segera periksakan kondisi tersebut pada dokter untuk secepatnya mendapatkan penanganan.

Itulah penjelasan mengenai gejala atau tanda dari penyakit ginjal yang perlu untuk kita ketahui. Sehingga jika sampai penyakit ini menyerang tubuh, maka kita sudah sedikit mengetahui segala bentuk dari gejalanya. Dengan lebih cepat mengetahui gejala dari suatu penyakit, maka akan lebih cepat mengambil penanganan, dan tentunya akan membuat kesempatan sembuhpun jauh lebih besar.