HomeWisata

Liburan ke Solo Jangan Lupa Mampir ke 6 Tempat Wisata Favorit di Solo Ini

Liburan ke Solo Jangan Lupa Mampir ke 6 Tempat Wisata Favorit di Solo Ini
Like Tweet Pin it Share Share Email

Solo atau yang juga dikenal dengan nama Surakarta ini merupakan sebuah kota populer yang ada di Jawa Tengah. Solo memang banyak dikunjungi oleh wisatawan, apalagi pada saat musim liburan dan akhir pekan. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada Anda beberapa tempat wisata yang paling difavoritkan di Solo. Jadi, buat Anda yang berencana untuk liburan ke Solo atau kebetulan sedang liburan di Solo jangan lupa untuk mampir ke 6 tempat wisata berikut ini ya!

 

Liburan ke Solo Jangan Lupa Mampir ke 6 Tempat Wisata Favorit di Solo Ini!

Pasar Klewer

Siapa sih yang tidak kenal dengan pasar satu ini, namanya memang sudah sangat populer sekali di Solo, bahkan hingga keluar kota Solo. Menjadi pusat tekstil terbesar di Solo dengan pedagangan yang berjualan di setiap harinya hingga mencapai lebih dari 2.000 orng. Anda bisa temukan beragam batik di sini. Tak hanya itu, di Pasar Klewer juga banyak ditemukan batik buatan dalam negeri dan luar negeri. Namun seiring dengan berjalannya waktu, di pasar tersebut juga sudah ada beragam barang yang dijual, seperti jaket, kaos, seragam sekolah, dan lain – lain.

Kampung Batik Kauman

Ini adalah salah satu tempat wisata belanja di Solo yang tak kalah terkenalnya. Kampung Batik Kauman merupakan pusatnya kerajinan batik yang letaknya cukup dekat dengan keraton Kasunan Surakarta. Batik warna gelap dengan motif modern adalah yang mendominasi koleksi di sini. Menariknya, produk batik dari tempat tersebut sudah sampai hingga ke mancanegara. Jadi, tidak diherankan bila wisatawan mancanegara banyak yang memesan, atau bahkan ada pula yang berlangganan batik di Kampung Batik Kauman.

Museum Manusia Purba Sangiran

Lalu untuk tempat wisata di Solo satu ini merupakan museum manusia purba yang paling lengkap di Asia. Museum unik yang memiliki banyak koleksi fosil – fosil manusia purba tersebut memang jadi tempat wisata favorit di Solo. Menariknya, umur fosil manusia purba yang ada bahkan ada yang lewat 200 ribu tahun. Dengan koleksi fosil manusia purba yang paling banyak, yakni 13 ribu buah. Juga ada pula koleksi lain di museum tersebut, seperti fosil tumbuhan, hewan, batu, dan perlengkapan manusia purba.

Ngarsopuro Solo

Pastinya suasana ramai di sebuah taman indah di Solo ini akan semakin terasa pada saat sore hari tiba hingga malam hari. Lokasinya ada di jalan Diponegoro, atau di depan pura Mangkunegaraan. Kawasan Ngarsopuro Solo tersebut sudah ditata secara artistik, sehingga sangat cocok sekali sebagai tempat nongkrong anak – anak muda di Solo.

Museum Batik Danar Hadi

Danar Hadi adalah salah satu produsen batik Solo yang memang sudah cukup populer. Di museum inilah Anda bisa jumpai koleksi batik dari seluruh penjuru nusantara dengan motif dan corak yang beragam. Koleksinya sudah mencapai sekitar 10 ribu helai batik. Oleh sebab itulah museum ini mendapat penghargaan dari museum Rekor Indonesia atau MURI sebagai salah satu museum dengan koleksi kain batik yang paling banyak.

Taman Balekambang

Sejak tahun 2008 silam, taman satu ini sudah dialih fungsikan sebagai taman rekreasi sekaligus sarana edukasi. Masyarakat Solo dan sekitarnya banyak yang menghabiskan waktu liburan akhir pekan di taman tersebut. Taman Balekambang dibagi jadi dua bagian, pertama adalah taman air partini yang memiliki fasilitas permainan perahu, dan kedua adalah hutan partinah yang mana di bagian dalamnya ada beragam jenis tanaman yang tergolong langka. Taman Balekambang sendiri ada di jalan Ahmad Yani dan berdiri di atas lahan seluas 10 hektar.

Nah, itulah beberapa tempat wisata favorit di Solo yang kami informasikan dan rekomendasikan. Semoga bermanfaat.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *