Manfaat Buah Semangka Untuk Bayi

Perlu rasanya memperkenalkan berbagai jenis makanan sehat kepada bayi terutama ketika bayi sudah memasuki usia di atas 6 bulan, pasalnya pada usia itu bayi membutuhkan banyak sekali nutrisi dan gizi yang tidak terdapat di dalam ASI eksklusif. Sehingga tak heran jika pihak jasa kesehatan sangat menganjurkan bagi ibu yang sudah memiliki bayi berusia di atas 6 bulan untuk memberikan makanan pendamping ASI. Ibu bisa mengolaborasikan beragam jenis makanan untuk melengkapi kebutuhan si kecil, mulai dari sayuran, lauk pauk hingga buah-buahan. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua jenis buah bisa langsung disuguhkan kepada bayi mengingat gigi dan cara bayi mengonsumsi makanan masih belum sempurna. Bayi akan terus belajar cara mengonsumsi makanan seiring bertambahnya usia, sehingga pada saatnya nanti bayi akan semakin mahir melahap berbagai jenis makanan dengan mengunyah nya terlebih dahulu.

Salah satu buah yang paling cocok diberikan kepada bayi adalah buah semangka, kandungan vitamin dan nutrisi alami di dalamnya disinyalir mampu melengkapi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan bayi. Semangka mengandung banyak sekali air, bahkan hingga 90% kandungan semangka adalah air, sehingga mengonsumsi buah semangka akan meminimalkan bayi mengalami hidrasi atau kekurangan cairan. Selain itu semangka juga kaya vitamin C, A dan beberapa vitamin yang baik untuk bayi. Bayi sudah mulai bisa dikenal kan pada buah semangka setelah ia sudah mulai bisa mengunyah makanan, itu artinya belum dianjurkan bayi berusia 6 bulan untuk mengonsumsi buah ini. Jadi sebaiknya kenal kan bayi anda degan buah yang kaya vitamin ini ketika bayi sudah memasuki usia diatas 8 bulan. Dimana pada usia ini biasanya bayi suda mulai bisa memecah makanan sebelum ia menelannya.

Selain kaya vitamin, tekstur buah semangka yang lembut juga mempermudah bayi untuk mengonsumsinya. Anda bisa memberikan potongan-potongan kecil buah semangka kepada bayi anda dan pastikan bayi tidak langsung menelah buah tersebut. Dan jika anda masih merasa khawatir bayi tersedak, anda bisa menghaluskan buah semangka tersebut sebelum memberikannya kepada bayi. Dan berikut berhasil kami rangkum beberapa manfaat buah semangka untuk bayi.

  1. Mengandung Vitamin A

Buah semangka yang manis dan sangat mudah untuk mendapatkannya ini ternyata kaya akan kandungan vitamin A di dalamnya, sehingga jika dikonsumsi oleh bayi secara rutin dapat melengkapi kebutuhan vitamin A pada bayi. Adapun fungsi vitamin A itu sendiri adalah menjaga agar kulit bayi tetap sehat dan bersinar, selain itu vitamin A juga akan meningkatkan daya penglihatan atau mata bayi serta menyehatkan jaringan lunak dan selaput lendir yang ada pada tubuh bayi. Jadi jika ingin bayi anda memiliki kulit sehat dan mata bersinar, maka tidak ada salahnya menjadikan buah semangka sebagai salah satu menu buah rutin untuk bayi anda setiap hari.

  1. Mengandung Vitamin C

Perlu anda ketahui bahwa bayi memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, hal itu karena sistem kekebalan tubuh bayi akan semakin kuat dan mampu melawan beragam virus penyebab penyakit. Adapun salah satu buah yang bida anda jadikan sebagai buah pelengkap vitamin C untuk bayi adalah buah semangka, buah semangka selain banyak mengandung air ternyata juga kaya vitamin C, Vitamin C itu sendiri merupakan salah satu vitamin yang akan meningkatkan kekebalan tubuh bayi serta menjaga jumlah sel darah dalam tubuh bayi melalui proses penyerapan zat besi, proses tersebut akan mencegah bayi mengalami penyakit kulit seperti kudis dan koreng.

  1. Kaya Serat

Bayi yang sudah mengonsumsi makanan biasanya gangguan yang paling sering ia alami adalah masalah pencernaan, pasalnya sistem pencernaan yang masih belum sempurna akan menjadi bermasalah ketika bayi mengonsumsi makanan yang seharusnya belum bisa ia konsumsi. Pada kondisi demikian bayi akan mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar, sembelit adalah gejala ketika tubuh bayi terutama sistem pencernaan sedang bermasalah serta akibat kekurangan makanan berserat. Untuk mengatasinya tentu ibu harus memperbanyak memberikan makanan kaya serat kepada bayi, salah satu buah yang bisa dikonsumsi bayi untuk melengkapi kebutuhan seratnya adalah buah semangka, kandungan serat dalam buah semangka akan melancarkan sistem pencernaan bayi dan menyehatkan usus bayi.

  1. Mengatasi Dehidrasi

Sudah kita bahas di atas, bahwa kandungan air di dalam buah semangka jauh lebih banyak dibanding dagingnya, sehingga mengonsumsi buah semangka sudah barang tentu kebutuhan cairan di dalam tubuh bayi anda akan terpenuhi. Sehingga bayi akan terhindar dari masalah dehidrasi serta dapat menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh bayi. Jadi jangan sungkan untuk menjadikan buah semangka sebagai menu buah harian kepada bayi anda.

  1. Kaya Vitamin B Kompleks

Selain beberapa kandungan di atas, ternyata buah semangka juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Vitamin B ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa terhadap bayi, dimana dengan vitamin B kompleks maka sistem saraf dan metabolisme bayi akan semakin sempurna sehingga proses tumbuh kembang bayi anda akan berjalan lancar dan tubuhnya pun tetap sehat. Jadi meskipun buah semangka termasuk buah yang murah, namun meskipun murah ternyata buah semangka banyak sekali mengandung vitamin dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh bayi.

Namun perlu diperhatikan, setiap kali anda memberikan semangka kepada bayi lihat tekstur dan ukuran buah semangka yang di makan bayi, apakah ukurannya terlalu besar atau ukurannya memang sudah sesuai dengan kondisi pertumbuhan bayi anda. Karena jika tidak, tekstur semangka yang kembut terkadang membuat bayi enggan mengunyah nya dan lebih memilih langsung menelannya, jika ukuran potongan buah semangka terlalu besar maka hal itu dapat menyebabkan bayi tersedak. Selain itu, sebagian bayi ada juga yang mengalami reaksi alergi degan buah semangka, jadi perhatikan apakah bayi anda juga demikian. Jika tidak ada gejala apapun setelah mengonsumsi semangka makan teruskan memberikan semangka pada bayi agar semua kandungan yang ada di dalamnya dapat melengkapi kebutuhan vitamin bayi.