Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Musik menjadi lantunan bahasa yang enak di dengar, dimana senandung yang keluar dari musik mampu memberikan efek menenangkan perasaan dan menghilangkan rasa kecemasan. Meskipun musik terdiri dari berbagai macam aliran atau genre, namun secara umum musik memiliki alunan suara dan nada yang menarik untuk di dengarkan. Tidak semua orang menyukai jenis musik yang sama, setiap orang tentu memiliki jenis musik dengan genre yang berbeda-beda pula. Secara kesehatan, ternyata mendengarkan musik dapat memberikan efek yang sangat luar biasa terhadap kesehatan terutama pada organ otak manusia.

Mungkin anda tidak menyadari bahwa musik yang sering kita dengarkan ternyata memiliki kekuatan khusus untuk merubah dan menggerakkan emosi, sehingga tak heran jika hanya dengan mendengarkan musik terkadang anda merasa riang, sedih dan bahkan hingga meneteskan air mata. Dan hal ini sudah dibenarkan oleh sebuah studi ilmiah yang menyatakan bahwa musik dapat mengubah suasana hari serta membantu otak lebih berkonsentrasi, selain itu efek dari mendengarkan musik ini juga sudah dibuktikan dapat mengatasi masalah stres dan depresi.

Seorang psikolog dari london juga menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat mempengaruhi reaksi tubuh dan pikiran. Bagian inti otak akan bereaksi positif pada saat kita mendengarkan musik, sehingga perasa ini mengulanginya lagi akan anda rasakan. Selain itu, mendengarkan musik setiap hari juga membantu mengatasi beragam masalah kesehatan terutama organ otak, dimana dengan mendengarkan musik maka anda akan merasakan kinerja otak semakin meningkat. Dan berikut berhasil kami rangkum mengenai beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang wajib kita ketahui.

 

  1. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Alunan musik yang kita dengarkan atau kita nyanyikan ternyata mampu menambah daya ingat otak kita, dimana hal ini sudah pernah dibuktikan oleh sebuah studi riset di finlandia. Mereka mengumpulkan setidaknya lebih dari 80 orang yang mengalami gangguan ingatan. kemudian mereka mencoba melakukan pembinaan selama lebih kurang 1 minggu dengan hanya meminta mereka untuk bernyanyi dan juga mendengarkan musik favorit mereka setiap hari. Dan hasilnya cukup mencengangkan, hasil riset menunjukkan bahwa bernyanyi dan mendengarkan musik dapat berpengaruh terhadap mereka yang memiliki daya ingin kurang. Selain itu mendengarkan musik juga dapat membantu mengurangi depresi pada mereka yang menderita Alzheimer.

 

  1. Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

Salah satu masalah dan gangguan pada otak adalah masalah mental, dimana terdapat sebagian orang yangalami gangguan mental baik terjadi sejak lahir maupun akibat sebuah trauma peristiwa yang ia alami sendiri. Sebuah studi yang berhasil dilakukan pada tahun 2016 yang lalu menyebutkan bahwa terasi musik dinilai cukup efektif untuk membantu menyembuhkan mereka yang mengalami tekanan mental seperti halnya mereka yang ada dipenjara. Selain itu mendengarkan musik secara rutin juga mampu meningkatkan harga diri dan tingkat sosial para pelaku kejahatan yang mengalami gangguan mental.

 

  1. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri

Hal mengejutkan yang berhasil dibuktikan oleh sebuah penelitian adalah bahwa mendengarkan musik ternyata dapat mengurangi rasa nyeri. hal ini sudah dibuktikan pada sebuah rumah sakit, dimana pada unit gawat darurat terdapat pasien anak-anak yang sedang dirawat sambil mendengarkan musik. Hasilnya pasien tersebut menunjukkan rasa nyeri yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan. Dalam artian alunan musik dapat mempengaruhi otak, sehingga efek menenangkan dari musik ini dapat memanipulasi perintah otak mengenai nyeri yang sedang ia rasakan.

 

  1. Membantu Menyembuhkan Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang sudah banyak menelan korban di seluruh dunia. Kanker yang merupakan sel abnormal yang tumbuh di dalam tubuh dan kemudian terus tumbuh dan merusak fungsi sel normal yang di hinggapinya. Pada penderita kanker, menjaga emosi dan mengontrol pikirannya agar tetap tenang dan nyaman adalah hal yang harus dianjurkan, pasalnya pasien kanker yang kerap stres akan membuat pertumbuhan kanker semakin cepat. Salah satu terapi yang dapat membantu proses penyembuhan kanker adalah dengan mendengarkan musik, dimana pasien yang mendengarkan musik akan mendapatkan rasa tenang dan efek relaksasi dari musik kesukaannya.

Karena bukti bahwa musik dapat membantu proses penyembuhan kanker sudah pernah dibuktikan melalui studi penelitian yang melibatkan lebih dari 1800 peserta. Dimana efek musik yang didengarkan para peserta dapat mengurangi kecemasan dan menetralkan emosi yang di alaminya. Bagi penderita kanker hal ini sangat penting, pasalnya tekanan dan cemas hanya akan menambah parah kondisi kanker yang di alaminya.

Nah, bagi anda yang kebetulan sangat menyukai musik, maka selamat anda sudah mendapatkan sebuah terapi untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan otak anda setiap hari. Namun bagi anda yang masih belum rutin mendengarkan musik, maka sebaiknya perbanyak lah mendengarkan musik kesukaan anda dan rasakan manfaatnya.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *