Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Tubuh

Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbesar yang dibutuhkan tubuh, kalsium berfungsi sebagai penguat tulang, membantu menjaga tekanan darah dan lain sebagainya. Tubuh yang kekurangan kalsium akan mengalami beragam masalah kesehatan dan mengganggu metabolisme serta dapat mengakibatkan timbulnya penyakit berbahaya. Biasanya susu kera dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan kalsium untuk tubuh, meskipun beberapa makanan juga terdapat kalsium di dalamnya namun susu masih memegang peringkat teratas sebagai sumber kalsium tertinggi saat ini.

Jenis susu yang kerap dikonsumsi adalah susu sapi, baik yang sudah diolah maupun susu sapi murni. Namun perlu anda ketahui ternyata tak hanya susu sapi saja yang bisa kita jadikan sebagai sumber kalsium, susu kambing juga memiliki kandungan serupa dan bahkan lebih baik dibandingkan susu sapi, Susu kambing disinyalir memiliki kesamaan dengan susu ibu atau ASI, dimana di dalamnya terkandung beragam zat dan nutrisi yang baik untuk tubuh serta memiliki risiko alergi yang lebih rendah. jadi bisa dikatakan susu kambing memiliki kandungan yang lebih lengkap dibanding dengan susu sapi.

Susu kambing selain dapat melengkapi kebutuhan kalsium tubuh, kandungan yang ada di dalamnya juga mampu menyembuhkan beragam penyakit serta memberikan efek sehat terhadap tubuh. Salah satu susu kambing yang paling banyak di cari adalah susu kambing jenis etawa, susu kambing etawa ini sudah diproduksi secara besar, sehingga untuk mendapatkan susu kambing etawa hasil produksi terbilang tidak susah. Susu kambing yang sudah diproduksi tersebut ditambahkan dengan beragam bahan alami yang semakin menambah fungsi dan manfaat dari susu kambing tersebut. Namun secara umum ada beberapa manfaat penting dari susu kambing yang harus anda ketahui, dan berikut manfaat susu kambing bagi kesehatan.

 

  1. Susu Kambing Mudah Dicerna

Salah satu kelebihan susu kambing dibanding susu lain adalah mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hal itu karena susu kambing memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit dibanding degan susu sapi, sehingga minimnya laktosa membuat susu kambing lebih cepat diserap oleh tubuh. Selain itu gumpalan protein yang ada di dalamnya juga terbentuk dengan lebih lembut sehingga memudahkannya untuk dicerna. Sehingga susu kambing bisa menjadi solusi bagi bayi yang mengalami masalah dengan gangguan pencernaan seperti alergi laktosa dan lain sebagainya.

 

  1. Sumber kalsium dan Antioksidan

Layaknya susu sapi, susu kambing juga kaya akan kandungan kalsium serta kandungan fostor di dalamnya, kandungan tersebut akan sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang. Selain itu susu kambing juga kaya zinc dan magnesium di dalamnya, kandungan kedua zat ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah masalah dan gangguan penyakit pada saraf. Serta menghindarkan tubuh dari berbagai ancaman virus penyebab penyakit.

 

  1. Mampu Mengatasi Anemia

berbeda degan susu sapi yang memiliki sifat interaksi antara kalsium dan zat besi sehingga menimbulkan efek samping penyerapan zat besi. Sedangkan pada susu kambing, interaksi kedua mineral tersebut menjadi sangat minim sehingga zat besi bisa secara langsung menjadi penambah dan pembaharu hemoglobin di dalam tubuh. Jadi bagi anda yang mengalami masalah anemia tau kekurangan darah, maka sebaiknya rutin lah mengonsumsi susu kambing baik yang murni atau susu kambing olahan.

 

  1. Mengandung lemak Baik

Kadar lemak di dalam susu kambing jauh lebih banyak dibanding dengan susu sapi, namun lemak yang ada di dalam susu kambing berupa lemak esensial seperti linoleat, arakidonat yang keduanya merupakan asam lemak yang menjadi sumber energi yang cepat dibakar sehingga tidak disimpan di dalam tubuh. Selain itu, lemak yang ada di dalam susu kambing ternyata dapat membantu menurunkan kolesterol secara total, selain itu susu kambing juga dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Nah, bagi anda yang mungkin sudah bosan dengan susu sapi dan ingin mencoba mengonsumsi susu kambing, maka sebaiknya pertimbangkan untuk menjadikan susu kambing sebagai konsumsi rutin anda setiap hari. Karena pada dasarnya susu kambing memiliki kandungan yang lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi serta dapat mengatasi beragam penyakit seperti kolesterol, anemia, osteoporosis dan lain sebagainya.

Namun jika anda memiliki bayi berumur dibawah satu tahun sebaiknya hindari untuk memberikannya susu sapi atau kambing, hal itu karena bayi berumur dibawah satu tahun masih membutuhkan ASI serta masih memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga akan mengalami masalah jika dipaksakan mengonsumsi makanan yang tak seharusnya ia konsumsi.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *