Olahraga yang Sebaiknya dilakukan Penderita Asma

cenderung memilih-milih jenis tempat dan aktivitas yang ia lakukan, pasalnya tidak semua kegiatan bisa dilakukan oleh penderita penyakit asma terutama aktivitas yang menguras energi serta tempat-tempat yang dapat memicu kambuh nya penyakit tersebut seperti tempat kotor, debu, asap dan lain sebagainya.

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga semua orang akan sangat memerlukan olahraga jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugas. Namun aktivitas olahraga sejatinya kerap menggunakan energi yang cukup banyak, sehingga para penderita asma tidak akan bisa melakukan semua jenis olahraga. Hanya olahraga yang tepat saja yang bisa mereka lakukan agar menghidari kambuhnya asma yang dideritanya. Adapun beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita asma adalah sebagai berikut.

 

  1. Olahraga Renang

Renang adalah salah satu olahraga yang cenderung minim risiko cedera sendiri, sehingga renang dapat dilakukan oleh semua usia tanpa harus takut mengalami cedera. Begitu juga penderita asma, olahraga renang bisa anda jadikan sebagai salah satu olahraga rutin anda, pasalnya kondisi dan area kolam renang yang pasti cenderung lembap tidak akan berpotensi menyebabkan kambuh nya asma anda. Selain itu sebelum anda berenang pastikan anda mengatur pernapasan anda terlebih dahulu, dan sebaiknya ketika berenang usahakan bernapas dengan hidung dan mengeluarkannya degan mulut. Penyakit asma adalah sebuah penyakit akibat adanya gangguan saluran pernapasan, baik karena penyebab asma ataupun akibat faktor keturunan. Orang yang menderita asma setiap waktu harus senantiasa menghindari tempat dan benda-benda yang memungkinkan dapat mengakibatkan asma yang dideritanya kambuh. Selain itu biasanya penderita asma selalu membawa alat pereda napas yang suatu waktu siap digunakan ketika asma mereka kambuh. Itulah mengapa penderita asma harus mendapat perhatian yang intens terutama jika ia anak-anak, pasalnya rasa sesak akibat asma yang kambuh jika tidak segera dilakukan pertolongan maka dapat mengakibatkan kematian.

Meskipun sejatinya asma adalah penyakit yang disebabkan oleh dua penyebab, namun sepertinya penderita asma yang disebabkan oleh keturunan akan sulit untuk disembuhkan. Kambuh nya asma disebabkan oleh adanya reaksi alergi pada saluran pernapasan yang kemudian akan menyempit dan mengakibatkan napas akan semakin sesak. Sehingga para penderita penyakit asma akan

  1. Olahraga Singkat

Jika anda tidak menyukai renang, maka alternatif olahraga yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan berbagai olahraga namun dengan durasi yang singkat. Misalnya anda bisa melakukan olahraga basket, tenis, bola voli dan lain sebagainya. Dan pastikan jangan terlalu menggebu saat berolahraga tersebut, dan pada saat kondisi napas anda sudah mulai terengah-engah maka sebaiknya segera lakukan istirahat terlebih dulu, hal itu bertujuan agar napas anda dapat kembali normal dan menghindari kambuh nya asma yang ada derita.

 

  1. Olahraga Yoga

Olahraga yang satu ini memang terkenal dengan olahraga yang tenang dan senyap, dimana yoga menjadi populer karena meskipun olahraga ini cukup sederhana namun sangat baik untuk menguatkan otot serta memberikan ketenangan. Olahraga yoga yang cenderung lebih sering dilakukan di dalam ruangan sehingga peluang kambuh nya asma akan sangat minim jika dibanding dengan olahraga yang mengharuskan berasa di luar ruangan. Jadi bagi anda penderita asma, anda bisa menjadi yoga sebagai salah satu olahraga favorit anda.

 

  1. Lari Dengan Treadmill

Selanjutnya olahraga yang bisa anda lakukan jika menderita asma adalah olahraga joging atau berlari menggunakan treadmill. Dimana treadmill biasanya diletakkan di dalam ruangan sehingga kondisi kemungkinan asma kambuh akan semakin sedikit. Namun sebaiknya tetap waspada dan berhati-hati meskipun anda olahraga di dalam ruangan, risiko kambuh akan tetap ada jika anda terlalu memforsir energi anda saat berolahraga. Sebaiknya tetap lakukan olahraga dengan tenang sehingga anda akan terhindar dari serangan asma.

Bagi penderita asma anda tak perlu takut untuk melakukan olahraga, pasalnya meskipun beragam kemungkinan bisa saja terjadi, namun dengan memilih jenis olahraga yang tepat dan aman untuk anda lakukan seperti di atas maka anda tetap bisa berolahraga yang akan berfungsi untuk menyehatkan tubuh. Dan pastikan agar selalu mengontrol napas pada saat berolahraga yakni dengan bernapas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Dengan demikian maka saluran pernapasan anda akan terasa lapang dan anda lebih nyaman untuk berolahraga.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *