Penyebab Memar Pada Tubuh Secara Tiba-tiba

Biasanya tubuh akan merespons jika ada salah satu bagian atau organ di dalamnya mengalami masalah, respons tubuh akan kelainan tersebut pun berbeda-beda tergantung dari jenis penyakit serta dimana letak gangguan tersebut terjadi. Misalkan saja memar, memar pada permukaan kulit jika terjadi disebabkan oleh benturan atau goresan benda tajam mungkin itu hal biasa karena kita telah mengetahui penyebabnya. Namun ada kalanya memar terjadi di permukaan kulit tanpa ada gejala atau penyebab yang kita alami. Jika hal itu terjadi kemungkinan ada beberapa gejala penyakit atau masalah dan gangguan kesehatan yang sedang anda alami.

Memar yang terjadi akibat adanya gangguan atau kelainan di dalam tubuh biasanya terjadi tanpa kita sadari seperti misalnya ketika bangun tidur. Memar biasa terjadi di berbagai bagian tubuh seperti tangan, kaki dan kulit tubuh lainnya. Memar ini pun bisa beragam, ada memar yang berwarna kemerahan dan terasa sakit saat di sentuh ada juga memar berwarna kebiruan serta tidak menimbulkan efek apapun ketika bagian memar tersebut disentuh. Sebagian orang mungkin akan langsung mengolesi obat untuk menghilangkan memar tersebut tanpa mencari tahu apa penyebabnya, namun alangkah lebih baik jika anda mencari tahu dan memahami apa sebenarnya yang menjadi penyebab memar tersebut.

Karena bisa saja memar yang terjadi secara tiba-tiba pada bagian tubuh dipicu akibat penyakit penyakit berbahaya atau akibat adanya kelainan pada tubuh. Penting sekali bagi kita untuk mengetahui kira-kira apa penyebab memar yang terjadi pada tubuh kita, karena degan demikian anda bisa lebih mudah mencari cara melakukan pengobatan jika ternyata anda sedang mengalami masalah kesehatan atau akibat adanya gangguan pada pola hidup yang anda jalani. Dan berikut penyebab memar pada tubuh yang terjadi secara tiba-tiba.

 

  1. Kekurangan Vitamin

Salah satu penyebab mengapa tiba-tiba ada memar di bagian tubuh adalah akibat kekurangan vitamin. Salah satu vitamin yang dapat menyebabkan gejala memar pada kulit adalah kekurangan vitamin B12, vitamin K dan Vitamin C. Vitamin tersebut memiliki banyak fungsi, salah satu fungsinya adalah membantu produksi darah serta menyembuhkan luka. Jika tubuh kekurangan salah satu vitamin tersebut dalam jumlah yang tergolong sedikit memang tidak akan menyebabkan gejala serius, namun jika kekurangan dalam jumlah yang sangat banyak maka dapat mengakibatkan gejala memar pada permukaan kulit. Jadi ketika anda mengalami memar tanpa sebab maka bisa jadi anda kekurangan salah satu vitamin tersebut.

 

  1. Akibat Penuaan

Penyebab yang selanjutnya adalah akibat penuaan, kulit yang mengalami masa penuaan biasanya akan terlihat lebih tipis dan pucat serta mengalami perubahan pada lapisan paling atas. Perubahan kulit akibat penuaan ini juga dapat terus berubah pada lapisan dermis kulit sehingga akan muncul memar. Penuaan kulit terjadi tak hanya pada mereka yang sudah berusia lansia, namun penuaan dini pada kulit juga kerap terjadi pada mereka yang mashi berusia remaja. Jadi untuk mengatasinya pastikan tubuh anda tetap terpenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan serta hindari terpapar sinar matahari secara langsung.

 

  1. Akibat Olahraga Berlebihan

Olahraga memang merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari guna memelihara kesehatan dan metabolisme tubuh, namun jika olahraga yang anda lakukan sudah termasuk sangat berlebihan seperti olahraga angkat beban yang terlalu sering hingga dapat mengakibatkan terjadinya robekan pada pembuluh darah. Ketika pembuluh darah di bawah kulit robek maka biasanya akan menimbulkan rasa nyeri dan memar di permukaan kulit. Jadi sebaiknya tetap perhatikan waktu anda berolahraga dan pastikan agar tidak berlebihan.

 

  1. Penyakit Diabetes

Memar juga bisa terjadi pada permukaan kulit jika anda mengidap penyakit diabetes, diabetes akan mengganggu sirkulasi darah sehingga mengakibatkan gejala memar pada permukaan kulit. Selain itu, penyakit kelebihan kadar glukosa ini memang merupakan penyakit berbahaya yang tak hanya merusak sirkulasi darah saja namun akan terus berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya seperti ginjal, kebutaan dan lain sebagainya. Jadi ketika anda positif mengidap diabetes maka jangan heran jika anda menemukan memar pada permukaan kulit.

 

  1. AKibat Gangguan Kesehatan

Selain beberapa kelainan dan penyakit di atas, penyebab lain memar pada kulit juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan seperti masalah pembuluh darah serta akibat kekurangan protein. Namun agar lebih memastikan gejala penyakit apa yang sedang anda alami, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter pada saat timbul memar tanpa sebab pada tubuh anda.

Memar yang timbul di bagian tubuh akibat beberapa kelainan dan penyakit di atas memang terkadang kerap dianggap hal yang sepele, pasalnya jika memar hanya akibat kekurangan vitamin tentu akan hilang dengan sendirinya ketika vitamin penyebab memar tersebut sudah terlengkapi. Namun adakalanya anda harus tetap memastikan bahwa memar anda bukan akibat adanya gangguan penyakit serius, karena jika dibiarkan penyakit tersebut akan sangat membahayakan diri anda.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *