Penyebab Sakit Punggung Setelah Bangun Tidur

Tubuh memang akan secara spontan memberikan efek nyeri atai rasa sakit pada saat ada kelainan baik akibat penyakit atau kebiasaan buruk. Respons tubuh tersebut terjadi akibat ketidak lancaran proses metabolisme di dalamnya, sehingga adanya gangguan yang terjadi akan berdampak rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh. Misalnya ketika tubuh terlalu merasa kelelahan, biasanya respons utama yang akan anda rasakan adalah rasa nyeri di bagian tertentu seperti kepala, kaki, punggung dan lain sebagainya. Salah satu masalah yang sering terjadi terutama paska bangun dari tidur adalah nyeri dan sakit di bagian punggung. Padahal sejatinya momen bangun tidur adalah momen dimana seharusnya anda merasa segar karena telah beristirahat semalaman.

Namun ternyata da saja gangguan yang terjadi, tanpa di sadari penyebabnya tiba-tiba punggung terasa nyeri dan sakit. Rasa kaku dan pegal di bagian tubuh pada saat bangun tidur menurut penelitian yang dilakukan di inggris menyebutkan bahwa kondisi tersebut adalah respons alami yang dilakukan oleh tubuh akibat adanya gangguan atau kesalahan selama tidur yang tidak kita ketahui. Selain itu nyeri tersebut sejatinya disebabkan oleh ibuprofen yang merupakan senyawa yang terdapat di dalam obat pereda sakit, sehingga pada saat tidur obat itu akan bereaksi dan meninggalkan efek samping pada saat anda terbangun dari tidur.

Terlepas dari kebiasaan mengonsumsi obat pereda nyeri, rasa pegal pada tubuh juga bisa terjadi akibat faktor lain. Orang kerap berpenanggapan ketika nyeri setelah bangun tidur biasanya disebabkan oleh kesalahan posisi saat tidur, pada sejatinya tidak semua akibat kesalahan posisi saat tidur saja, namun ada juga beberapa kesalahan dan gangguan lain yang dapat menyebabkan hal itu. Namun secara umum, nyer dan sakit punggung ketika bangun tidur biasanya memang sering disebabkan oleh kesalahan posisi serta penggunaan bantal yang tidak pas. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebabnya, berikut penyebab nyeri punggung setelah bangun tidur.

 

  1. Posisi Tubuh Saat Tidur

Posisi tubuh yang tidak berada pada posisi nyaman dan normal memang akan mengakibatkan rasa pegal dan nyeri pada tubuh terutama bagian punggung. Rasa nyeri akibat postur dan posisi yang tidak baik adalah akibat tidur tengkurap sehingga membuat tulang leher dan punggung berada pada posisi yang tidak baik dan dapat memicu kelebihan tekanan dan akan terasa sakit ketika bangun. Selain itu posisi tidur yang tidak berubah selama tidur juga dapat menjadi penyebab sakit punggung anda, misalnya ketika tidur tubuh hanya bertumpu pada satu bagian saja dan hal itu terus terjadi hingga anda terbangun, dan akibatnya bagian tertentu pada tubuh akan mengalami nyeri akibat terlalu lama mendapat beban dan tekanan selama tidur. Jadi sebaiknya tidurlah dengan posisi yang membuat anda nyaman serta posisi tubuh juga dalam keadaan normal, karena degan demikian momen bangun tidur akan sangat menyegarkan karena terhindar dari rasa nyeri dan sakit punggung.

 

  1. Bantal yang Salah

Selain postur tubuh yang tidak tepat, penyebab lain rasa sakit punggung setelah bangun tidur adalah akibat menggunakan bantal yang dan tidak nyaman. Bantal yang terlalu empuk dapat memicu posisi leher menjadi tidak ideal saat tidur, sehingga posisi tulang punggung menjadi tidak selaras dengan leher dan dapat memicu rasa sakit punggung ketika terbangun. Jadi sebaiknya gunakan bantal yang tidak terlalu kerap dan juga tidak terlalu empuk, hal itu agar posisi leher dan punggung dapat selaras dan tidak memicu nyeri punggung.

 

  1. Kasur yang Tidak Nyaman

Dan penyebab lainnya yang juga dapat mengakibatkan rasa sakit punggung setelah bangun adalah karena menggunakan kasur yang salah dan tidak nyaman selama tidur. Orang tentu akan sangat menyukai tidur di atas kasur yang empuk, namun faktanya kasur yang terlalu empuk hanya akan membuat posisi tulang belakang dan leher menjadi tidak sejajar sehingga dapat memicu rasa sakit di bagian punggung. Jadi agar tidak merasakan dan menghindari rasa sakit punggung setelah bangun tidur, maka sebaiknya gunakan kasur yang nyaman dan tidak terlalu empuk atau keras serta perhatikan agar posisi tulang leher dan punggung tetap sejajar.

Selain akibat dari pengaruh obat pereda rasa sakit ternyata rasa nyeri dan sakit punggung yang sering terjadi setelah bangun tidur disebabkan oleh beberapa hal di atas, jadi sebaiknya perbaiki beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit punggung pada saat bangun seperti di atas. Namun jika semua penyebab di atas sudah diperbaiki dan sakit punggung tetap terjadi maka sebaiknya untuk mengetahui kondisi apa yang sedang alami segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar penyebabnya dapat diketahui.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *