HomeWisata

Ragam Tempat Wisata Aceh yang Menarik Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Ragam Tempat Wisata Aceh yang Menarik Dikunjungi Saat Akhir Pekan
Like Tweet Pin it Share Share Email

Aceh memang pernah luluh lantah akan tetapi selanjutnya, Aceh berjuang berdiri kembali hingga kemudian saat ini Aceh menjadi sebuah tempat yang sangat cocok menjadi tujuan wisata. Sudah berdiri berbagai macam tempat dan potensi wisata yang dapat Anda temukan di Aceh dan tentunya sangat menarik dikunjungi ketika akhir pekan tiba.

Disana pengalaman baru yang tentu seru dan menyenangkan akan Anda dapatkan segera. Mulai dari wisata alamnya sampai icon wisata bahkan museum terbesar di Aceh bisa menjadi tujuan kunjungan Anda yang berlibur disana. Informasi selengkapnya apa saja tempat wisata Aceh yang menarik dikunjungi ketika akhir pekan tiba bisa Anda cek dan simak dalam informasi berikut ini! Yuk berkunjung jangan sampai lupa!

 

Tempat Wisata Aceh Paling Menarik Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Museum Tsunami, Banda Aceh

Anda yang tengah melakukan perjalanan wisata di Aceh, jangan pernah lupa untuk datang berkunjung menuju Museum Tsunami. Museum Tsunami merupakan sebuah museum di Banda Aceh yang dirancang sebagai suatu monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Banda Aceh di tahun 2004 silam. Museum Tsunami juga bahkan sekaligus menjadi pusat pendidikan dan sebagai tempat perlindungan darurat jika suatu hari nanti ada kemungkinan tsunami kembali terjadi seperti beberapa tahun silam.

Museum yang satu ini sangat megah dan besar dengan struktur bangunan yang memang dibuat tahan gempa. Museum Tsunami dirancang oleh Ridwan Kamil dengan empat lantai yang luasnya 2.500 meter persegi. Dindingnya melengkung ditutupi suatu relief geometris yang benar – benar unik. Anda benar – benar bisa mengenang seperti apa tragedi tsunami jika berkunjung kemari.

Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid negara yang berada di tengah – tengah kota Banda Aceh. Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi salah satu ikon provinsi Aceh yang dibangun di masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda di tahun 1022 H/ 1612 M silam. Masjid Raya Baiturrahman memiliki lembaran sejarah tersendiri yang memiliki nilai tinggi bagi masyarakat Aceh pada umumnya. Hal ini juga karena sejak Sultan Iskandar Muda ada sampai sekarang, Masjid Raya Baiturrahman bangunannya masih berdiri dengan sangat kokoh dan megah.

Monumen Kilometer Nol RI, Sabang

Monumen Kilometer Nol RI secara geografis merupakan penanda geografis yang unik di Indonesia. Hal ini juga ada kaitannya dengan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Tugu Monumen Kilometer Nol RI bukan saja menjadi tanda akan tetapi bahkan juga memiliki sisi historis tersendiri.

Pacu Kude Gayo                             

Pacu Kude merupakan suatu tradisi perlombaan menunggang kuda tradisional di Aceh yang dilakukan tanpa perlu menggunakan pelana di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Pacu Kude Gayo merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur kepada sang ilahi setelah menjalani masa panen dan memperingati HUT RI.

Danau Laut Tawar, Aceh Tengah

Danau Laut Tawar merupakan sebuah tempat wisata Aceh yang sangat menarik untuk dikunjungi ketika akhir pekan tiba. Danau Laut Tawar hadir dengan luas kurang lebih sekitar 5.472 ha dengan panjang 17 km dan lebar mencapai 5,5 km. Di danau ini Anda akan temukan berbagai macam jenis ikan mulai dari  ikan depik dan berbagai jenis ikan endemik yang lain. Anda akan menemukan hal – hal yang baru tentunya dengan datang berkunjung menuju Danau Laut Tawar ini.

Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Jika Anda ingin berwisata dan menikmati pesona keindahan pantai di Aceh, ada banyak tempat wisata terindah berupa pantai yang bisa Anda temukan di Aceh. Salah satunya adalah Pantai Lampuuk. Pantai Lampuuk berpasir putih dengan ditumbuhi aneka pohon cemara yang menghias. Pantai ini juga memiliki air yang sangat jernih sehingga Anda bisa menyaksikan secara jelas berbagai jenis karang didalam laut. Lokasinya terdapat sekitar kurang lebih 17 km ke arah selatan di pinggiran kota Banda Aceh yang mudah diakses.

Anda yang ingin berlibur akhir pekan di Aceh, datang saja menyambangi berbagai icon wisata Aceh tersebut. Dapatkan pengalaman wisata seru dan menarik dengan berkunjung kesana.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *