Ternyata ini 4 Manfaat Tidur Menghadap Ke Kiri

Tubuh memang membutuhkan tidur setiap harinya lebih kurang 8 jam, sehingga bisa dikatakan jika dalam satu hari sepertiganya adalah waktu untuk tidur. Kenapa tidur membutuhkan waktu yang lama? apakah tidak bisa seseorang hanya beberapa jam saja tidur dalam sehari? Tentu saja bisa, namun perlu anda ketahui tidur bukan hanya bentuk dari istirahat yang dibutuhkan tubuh, namun pada saat tidur tubuh juga sejatinya mulai melakukan proses kinerjanya. Jadi ketika kita tidur organ di dalam tubuh tetap bekerja dan menghasilkan berbagai hormon untuk menyehatkan tubuh. Nah, itulah mengapa orang yang kekurangan tidur akan cenderung terlihat lesu, lemas dan bahkan dapat mengundang beragam penyakit.

Tidur juga tidak bisa kita lakukan sebarangan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk menghasilkan tidur yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan energi dan kesehatan tubuh pun meningkat. Seperti misalnya tidur dengan mematikan lampu jauh lebih baik ketimbang menyala, selain itu tidur di ruangan yang panas juga sudah barang tentu lebih baik di ruangan yang sejuk. Posisi tidur juga tidak boleh sebarangan, meskipun tidak berpengaruh dan berdampak fatal terhadap kesehatan jika tidur dengan posisi yang salah, namun posisi tidur yang tepat akan memberikan efek baik terhadap tubuh dan organ di dalamnya.

Agama islam juga menganjurkan kita untuk tidur dengan posisi miring ke kiri layaknya posisi orang yang dikuburkan, hal itu karena tidur dengan posisi ini dapat menyehatkan tubuh serta memberikan manfaat yang sangat luar baisa untuk kesehatan. Dan berikut 4 manfaat tidur dengan menghadap ke kiri.

 

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sejatinya posisi lambung manusia berada di sebelah kiri, dan ketika kita tidur dan menghadapkan tubuh ke sebelah kiri itu artinya akan selaras dengan gravitasi sehingga mempermudah lambung memproses dan mencerna makanan dari usus besar k dalam kolon. Orang yang tidur ke arah kiri mereka cenderung lebih mudah buang air besar di pagi hari ketimbang mereka yang tidak. Selain itu posisi tidur menghadap ke sebelah kiri juga menyehatkan pankreas serta melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Jadi bagi anda yang tidak ingin mengalami masalah dan gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar, maka sebaiknya ubah posisi tidur anda ke arah sebelah kiri.

 

  1. Mengurangi Tekanan Jantung

Posisi tidur sebelah kiri memang akan selaras dengan gravitasi, dimana posisi ini juga akan membuat pengeluaran getah bening pada tubuh menjadi lancar menuju aorta dari jantung yang tentu akan membantu mengurangi tekanan yang terjadi pada jantung. Selain itu, posisi miring ke kiri juga mengurangi tekanan pada bagian punggung sehingga dapat meningkatkan aliran darah terutama ke rahim, ginjal dan janin. Sehingga inilah alasannya kenapa dokter atau bidan kerap menyarankan ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring menghadap kiri.

 

  1. Mengatasi Rasa Mulas

Pada penderita maag atau asam lambung tentu sensasi panas dan perih kerap di alami ketika penyakit tersebut kambuh, rasa tidak nyaman dan sakit akan dialami hingga beberapa menit. Posisi lambung yang terletak di sebalah kiri akan sangat membantu mengatasi rasa nyeri dan sakit akibat naiknya asam lambung jika anda mencoba tidur menghadap kiri. Dengan posisi tidur mengarah kiri membuat asam lambung yang naik dapat kembali turun dan menghilangkan nyeri akibat gejala tersebut.

 

  1. Melancarkan Sistem Linfatik

Mengarah ke sebelah kiri pada saat tidur juga dapat membuat tubuh lebih mudah menyaring cairan getah bening dari kotoran yang ada di dalamnya. Sistem linfatik yang berada di sebelah kiri membuat proses penyaringan tersebut menjadi lebih mudah, selain itu posisi tidur sebelah kiri juga mempermudah proses material pada otak.

Dengan demikian, selain karena memang tubuh membutuhkan jumlah tidur yang cukup setiap hari, anda juga harus memperhatikan posisi serta hal-hal lain yang dapat menambah tingkat kualitas tidur anda. Salah satu posisi terbaik ada saat tidur adalah dengan menghadap ke sebelah kiri, selain menambah kualitas tidur, posisi tersebut juga sudah terbukti dapat memberikan efek menyehatkan terhadap tubuh. Adi sebaiknya segera perbaiki posisi tidur anda ke arah sebelah kiri agar anda mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *