Ternyata Jenis Jus Buah ini Mampu Hilangkan Batu Ginjal

Salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat vital adalah ginjal, ginjal berfungsi sebagai penyaring darah serta berfungsi untuk mengatur sistem sekresi dalam tubuh. Darah dalam tubuh manusia sejatinya sebelum disalurkan ke seluruh organ tubuh, darah akan melalui tahap penyaringan pada ginjal, dengan demikian kadar darah yang nantinya mengalir pada pembuluh darah merupakan darah yang sudah tersaring dan bersih. Sehingga bisa dikatakan orang yang tidak memiliki ginjal dapat mengalami kematian akibat keracunan darah mereka sendiri. Di dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal yang fungsinya sama yakni sama-sama sebagai penyaring darah, namun bedanya posisi kedua ginjal ini tidak sejajar, dimana ginjal sebelah kanan lebih rendah dibanding dengan ginjal sebelah kiri. Ginjal kanan berada tepat dibawah hati, sedangkan ginjal sebelah kiri berada di sebelah kiri dekat dengan tulang belakang.

Ginjal kera kali mengalami gangguan dan masalah, salah satu masalah ginjal yang sering dialami orang adalah batu ginjal. Dimana terdapat pengerasan atau pengapuran kristal hasil dari sekresi tubuh serta zat sisa yang terjadi pengendapan di dalam ginjal. Ginjal paling umum terjadi akibat terbentuk oleh kalsium yang berlebihan, sehingga pembentukan batu ginjal tersebut akan menyebabkan rasa nyeri yang sangat luar biasa dan terkadang dalam kondisi terparahnya terdapat pendarahan pada urine akibat infeksi serta penyumbatan aliran kemih. Selain menyaring darah, ginjal juga berfungsi menyeimbangkan kadar mineral dalam tubuh, di saat tubuh kekurangan cairan maka ginjal akan menyuplai air melalui darah. Dan ketika vitamin dan kalsium yang ada di dalam tubuh terlalu banyak maka secara otomatis ginjal akan mengeluarkan dan membuangnya.

Batu ginjal dapat terbentuk dengan besar yang berbeda-beda, semakin besar bantu ginjal tersebut maka semakin sulit pula proses untuk mengeluarkannya. Biasanya ketika batu ginjal terbentuk dan hanya berukuran berkisar 4 mm maka cara mengeluarkannya tidak perlu dilakukan operasi, namun pihak medis akan membantu proses pengeluaran batu ginjal tersebut melalui saluran urine. Dan sedangkan jika kondisi batu ginjal sudah cukup besar, maka tindakan penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan operasi. Perlu anda ketahui, batu ginjal yang terus dibiarkan dapat berakibat gagal ginjal dan mematikan, pasalnya ginjal yang tidak dapat berfungsi normal akan membuat organ dan darah di dalam tubuh menjadi tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan. Namun bagi anda yang memiliki bantu ginjal dan dokter sudah menyarankan bahwa batu ginjal tersebut tidak perlu dioperasi, maka anda bisa membantu proses pengeluaran bantu ginjal tersebut menggunakan jus buah alami, dimana jus ini memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah batu ginjal dan berikut jus buah yang dapat menghilangkan batu ginjal.

 

  1. Jus Semangka

Buah yang terkenal memiliki rasa nikmat dan menyegarkan ini memang banyak sekali mengandung zat dan vitamin bermanfaat untuk tubuh kita. Salah satu kandungan di dalam buah segar ini adalah potasium. Zat ini dapat membantu membersihkan ginjal dari sisa kotoran serta membantu kada asam di dalam urine. Sehingga bagi anda yang menderita penyakit batu ginjal, maka dengan mengonsumsi jus semangka secara rutin dapat membantu mengeluarkan batu ginjal melalui saluran urine anda. Dan perlu diingat menggunakan jus buah hanya dapat dilakukan jika ukuran batu ginjal anda masih tergolong sangat kecil, sehingga kandungan alami yang ada di dalam jus tersebut mampu mendorong batu tersebut keluar dai dalam ginjal.

 

  1. Cuka Apel

Salah satu bahan alami yang memiliki kandungan asam sitrat di dalamnya adalah cuka apel. Asam sitrat ini berfungsi untuk melarutkan batu ginjal serta membantu membersihkan darah dari urine. Cuka apel memang dapat menghancurkan batu ginjal dengan cepat, apalagi jika mengonsumsi cuka apel dengan ditambah jus lemon. Kandungan yang terdapat pada buah ini mampu meluruhkan batu ginjal melalui saluran urine dan bahkan dapat meningkatkan asam lambung agar mencegah terbentuknya batu ginjal yang baru. Artinya menggunakan cuka apel selain dapat mengatasi batu ginjal juga dapat mencegah timbulnya kembali bati ginjal tersebut.

 

  1. Jus Lemon

Selain kaya vitamin C, jus lemon juga kaya kandungan strat di dalamnya. Sitrat itu sendiri memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan batu ginjal, sehingga anda yang mengonsumsi jus lemon setiap hari dapat terhindar dari masalah batu ginjal. Sedangkan jika anda yang memiliki batu ginjal, maka anda juga bisa mencoba mengonsumsi jus lemon ini, karena kandungan yang ada di dalamnya dapat mencegah pemberasan batu ginjal serta mmebantu membuang batu ginjal melalui urin. Selain itu kandungan potasium tinggi yang ada di dalam jus lemon juga memiliki fungsi yang serupa yakni menyehatkan dan menjaga kebersihan ginjal dari sisa urin dan kotoran darah.

Orang yang cenderung memiliki batu ginjal biasanya akibat kekurangan kebutuhan cairan sertiap harinya serta kurang olahraga. Selain itu pola konsumsi dan pola hidup tidak sehat juga dapat menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal. Nah bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit berbahaya ini maka sebaiknya tetap konsumsi makanan sehat, pola hidup sehat serta selalu penuhi kebutuhan cairan harian anda dan jangan lupa untuk meluangkan waktu berolahraga.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *