HomeKesehatan

6 Manfaat Bermain Catur Bagi Otak Manusia

6 Manfaat Bermain Catur Bagi Otak Manusia
Like Tweet Pin it Share Share Email

Banyak sekali jenis olahraga di dunia ini, mulai dari olahraga yang mengandalkan aktivitas fisik, pikiran hingga perpaduan keduanya, semua olahraga memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda-beda. Namun intinya secara umum olahraga bertujuan untuk menyehatkan tubuh baik itu secara fisik maupun otak. Salah satu olahraga yang dikenal mengandalkan aktivitas otak adalah catur, dimana jenis permainan yang mengharuskan para pemainnya menggunakan strategi dan konsentrasi ini menjadi salah satu olahraga dengan membutuhkan daya pikir dan konsentrasi tinggi untuk memainkannya. Tak hanya sekadar harus mengetahui cara jalan setiap anak catur, para pemain catur juga diwajibkan memiliki strategi sendiri untuk mengalahkan lawannya.


Sehingga tak heran jika mereka yang memiliki skil dan strategi baik dalam bermain catur kerap dan identik digolongkan dalam kategori orang yang memiliki kecerdasan otak yang tinggi. Pasalnya permainan yang mengandalkan adu strategi ini membutuhkan kecerdasan serta pemikiran dalam pengambilan keputusan yang tepat sebelum menjalankan setiap anak catur yang dimainkannya. Permainan yang berasal dari Negara india ini sejatinya kini sudah sangat dikenal di berbagai negara dan menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan. Studi kesehatan juga telah menyepakati dan membuktikan bahwa orang yang gemar bermain catur akan cenderung terhindar dari risiko pikun di usia lanjut.

Kita tahu bahwa otak menjadi salah satu pusat dari seluruh organ tubuh manusia, dimana otak berfungsi sebagai penggerak manusia dalam melakukan berbagai aktivitas setiap hari. Sehingga di dalam otak yang cerdas tentu akan terdapat kesehatan tubuh yang baik pula, meskipun tidak selalunya begitu. Kerap bermain catur secara sengaja atau tidak sengaja ternyata dapat memberikan efek positif terhadap perkembangan otak seseorang, daya pikir yang digunakan otak pada saat bermain catur sangat berpengaruh terhadap kinerja otak untuk menjaga kesehatan dan daya tangkap otak seseorang. Di lansir dari beberapa sumber, orang yang senang dan sering bermain catur akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa bagi kecerdasaanya. Dan berikut manfaat catur yang harus anda ketahui.

1. Meningkatkan Konsentrasi
Pada saat bermain catur, maka anda diharuskan untuk fokus dan berkonsentrasi pada setiap langkan yang akan anda ambil, selain itu konsentrasi dengan cara bermain lawan juga dianjurkan, karena jika tidak, anda tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya lawan anda inginkan. Kebiasaan berkonsentrasi dan fokus menjalankan strategi untuk menyudutkan musuh dalam permainan catur ternyata perlahan akan memperkuat dan meningkatkan daya konsentrasi otak seseorang, sehingga mereka akan memiliki daya fokus tinggi dan mengakibatkan kinerja otak menjadi maksimal serta pasti

2. Menambah Kreativitas
Tidak hanya dianjurkan untuk fokus dan konsentrasi saja, bermain catur juga membutuhkan kreativitas. Dimana kita bisa memprediksi dan menerka gerakan lawan selanjutnya seperti apa. Semakin anda mengasah tingkat kreativitas tersebut maka sudah pasti kreativitas akan otomatis terbentuk dalam diri anda dan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga mereka yang kerap dan hobi bermain catur akan memiliki pemikiran yang sangat kreatif.

3. Terbiasa Berfikir Logis
Dalam berfikir setiap manusia memiliki tingkat daya pikir dan otaknya berbeda-beda. Pada saat bermain catur biasanya pemain harus punya pemikiran yang logis tanpa harus berbelit, misalnya pada saat anda berhasil menyudutkan lawan, maka kemudian anda akan cenderung terus menyudut kannya. karena anda berfikir bahwa kesempatan tersebut datang hanya sekali dan kemudian berkat pemikiran logis yang anda lakukan maka anda akan terus berusaha menydutkan lawan hingga lawan anda tak bisa berkutik lagi. Mereka yang sudah mahir bermain catur biasanya akan memiliki karakter berpikir yang logis sehingga tak mudah untuk dikalahkan.

4, Melatih Tingkat kesabaran
pada dasarnya permainan catur itu tidak hanya membutuhkan durasi waktu yang sangat lama saja, tetapi bermain catur juga membutuhkan hingga beberapa jam lamanya dalam bertanding. Kondisi inilah yang membuat para pemain melatih kesabaran mereka, karena dengan kesabaran akan menciptakan langkah-langkah yang tepat.

5. Mencegah Penyakit Alzheimer
Salah satu penyakit otak yang biasanya di alami oleh orang yang sudah lanjut usia adalah Alzheimer, dimana penyakit ini akan membuat penderitanya mengalami kepikunan. Menurut seorang pakar di bidang ilmu pembedahan mengemukakan, bawa setiap orang akan memiliki risiko terkena penyakit tua. Sedangkan mereka yang hobi dan kerap bermain catur akan benar-benar terhindar dari penyakit Alzheimer karena otaknya terus berfungsi.

6. Meningkatkan Daya Ingat
Salah satu penyakit akibat gangguan otak adalah daya ingat, dimana daya ingat dan kemampuan otak untuk mengingat menjadi berkurang dan kerap lupa peristiwa-peristiwa di masa lampau. Namun beda halnya dengan orang yang bermain catur, mereka tidak akan mengalami penurunan daya ingat, melainkan akan semakin tajam dan menyehatkan tubuh.

jadi meskipun catur merupakan salah satu olahraga tanpa mengeluarkan keringat adalah catur, Olahraga adu strategi dan ketangkasan ini sejatinya benar-benar memiliki fungsi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi sebaiknya jangan anggap sepele orang yang kerap bermain cautur, karena mereka memiliki tingkat kecerdasan dan daya ingat yang sangat tinggi.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *