HomeKesehatan

Inilah Manfaat Luar Biasa dari Meditasi Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Luar Biasa dari Meditasi Untuk Kesehatan
Like Tweet Pin it Share Share Email

Meditasi awalnya lahir di benua Asia, namun kini meditasi sudah digunakan oleh semua orang di segala penjuru dunia. Mediasi juga sudah dikenal jauh sejak zaman moyang dulu, namun manfaat dan fungsi meditasi akhirnya kini sudah mulai terkuak karena telah dilakukan penelitian. Meditasi awalnya hanya digunakan sebagai praktik spiritual dan keagamaan saja, namun seiring telah ditemukannya manfaat luar biasa dari meditasi ini maka kini meditasi dilakukan sebagai bentuk praktik pola hidup sehat serta sebagai sarana untuk mengatasi beragam masalah kesehatan.


Secara umum manfaat meditasi adalah sebagai penenang pikiran serta sebagai relaksasi, itulah mengapa meditasi dulunya dikenal sebagai aktivitas spiritual dan keagamaan, karena butuh ketenangan dan relaksasi dalam melakukan ritual tersebut. Hingga kini meditasi juga masih dilakukan oleh para penganut budha sebagai aktivitas keagamaan. Namun seiring berjalannya waktu, semua orang sepertinya sudah mulai kerap melakukan meditasi ini bukan sebagai aktivitas spiritual namun karena sadar bahwa meditasi dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa terhadap kesehatan.

Dan perlu diingat bahwa melakukan meditasi tidak bisa sebarangan, anda tidak akan langsung bisa melakukan meditasi dengan sendirinya. Butuh latihan dan panduan guru untuk melakukan meditasi, pasalnya meditasi membutuhkan tingkat konsentrasi dan fokus yang tinggi jika ingin berhasil. Dengan meditasi anda akan merasakan banyak sekali manfaatnya, mulai dari kesehatan saraf, jantung dan lain sebagainya. Dan untuk mengikuti terapi meditasi ini anda bisa mengikuti berbagai jenis dan macam meditasi yang belakangan ini mulai marak beredar. Selain itu, anda juga bisa mengikuti program yoga, karena biasanya ditempat program dan olahraga yoga terdapat aktivitas yoga sebagai salah satu aktivitas penting dalam yoga. Sepertinya sudah seharusnya anda melakukan meditasi, karena meditasi benar-benar aktivitas mudah namun memiliki beragam manfaat luar biasa terhadap kesehatan kita. Dan berikut manfaata meditasi bagi kesehatan.

1. Mengatasi Stres
Stres belakangan ini menjadi salah satu gangguan yang paling sering dialami, mulai dari gaya hidup hingga problema kehidupan yang terus memburuk. Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari meditasi adalah mengatasi stres, anda hanya cukup melakukan meditasi salam lebih kurang 10 menit perhari, maka anda sudah bisa merasakan manfaatnya terutama dalam mengatasi masalah stres. Meditasi dapat mengatas stres karena meditasi terkenal dengan aktivitas yang bertujuan relaksasi serta menenangkan, sehingga anda yang menderita stres berkepanjangan sebaiknya segera lakukan meditasi dan rasakan perubahannya.

2. Dapat Mengontrol Tekanan Darah
Selain mengatasi stres, meditasi juga mampu mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa meditasi yang dilakukan rutin dapat mengurangi tekanan darah serta menurunkan risiko hipertensi. Jadi bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi dan ingin mengatasi masalah tersebut dengan cara yang mudah dan sehat, maka meditasi adalah solusinya. Meditasi sangat mudah dilakukan dan bahkan hanya membutuhkan ruang yang cukup kecil serta tidak mengakibatkan efek samping apapun.

3. Dapat Mengatasi Insomnia
Insomnia biasanya kerap terjadi pada kebanyakan orang masa kini, dimana tingkat pekerjaan serta pola hidup tidak sehat yang menjadi salah satu penyebabnya. Insomnia memang hanya perkara masalah gangguan tidur saja, namun perlu anda ketahui insomnia yang terus berlarut akan berdampak pada kesehatan anda, beragam penyakit akan timbul dan mulai menyerang tubuh anda akibat insomnia ini. Cara paling mudah mengatas insomnia adalah dengan melakukan meditasi, dimana anda hanya butuh relaksasi dan konsentrasi untuk melakukan meditasi ini, sehingga dengan melakukan meditasi secara rutin maka tubuh akan terasa sangat bugar dan ringan, sehingga gangguan insomnia pun tidak akan anda rasakan lagi.

4. Membatu menurunkan Berat Badan
Siapa sangka, aktivitas yang berfokus pada relaksasi dan penenang diri ini ternyata juga dapar membantu mengatasi masalah berat badan. Faktor penyebab orang memiliki berat badan berlebih adalah akibat adanya rasa bosan dan gelisah, sehingga mereka menjadikan makan sebagai pelampiasan rasa yang sedang ia rasakan. Sehingga mengatasi kejenuhan dan kebosanan adalah salah satu upaya untuk mengurangi jumlah makan anda setiap hari, salah satu caranya adalah degan melakukan meditasi, meditasi dapat dengan mudah menghilangkan perasaan gelisah, bosan, sedih dan gangguan emosi lainnya.

5. Mampu Meningkatkan Kecerdasan
Meditasi bertumpu pada pikiran dan otak, dimana dengan meditasi makan sesorang akan merasa sangat nyaman dan tenang. Hal itu karena meditasi mengontrol otak dan sel saraf sehingga menghasilkan hormon positif. Kebiasaan melakukan meditasi juga akan membantu meningkatkan daya kecerdasan seseorang, hal itu karena otak yang terus dalam keadaan positif akan semakin memperbaiki tingkat IQ seseorang.

Selain beberapa manfaat di atas, meditasi juga masih memiliki manfaat lain yang sangat banyak seperti misalnya dapat mengatasi kelelahan, meringankan rasa sakit, gangguan seksual dan lain sebagainya. Meditasi dilakukan dengan cara berfokus dan bertumpu pada pikiran, sehingga saraf-saraf yang ada di dalam otak akan mengalami perubahan yang positif karena terus mendapatkan relaksasi dan rasa ketenangan. Di dalam otak yang sehat sudah barang tentu hal itu juga akan berpengaruh terhadap organ lainnya, sehingga bisa dikatakan aktivitas meditasi ini mampu mengatasi berbagai jenis penyakit karena mengandalkan pusat pikiran. Karena sejatinya penyakit dan rasa sakit terjadi akibat adanya perintah otak kepada organ tersebut, sehingga pikiran yang tenang dan positif tidak akan mengirimkan informasi negatif terhadap organ tubuh lainnya.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *