HomeKesehatan

Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Timbunan Lemak di Perut Bisa Dihancurkan

Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Timbunan Lemak di Perut Bisa Dihancurkan
Like Tweet Pin it Share Share Email

Ada banyak hal yang dapat membuat timbunan lemak di bagian perut semakin menonjol. Penumpukan lemak di bagian perut atau yang disebut dengan lemak visceral merupakan lemak yang menyelimuti organ hati dan berbagai organ lainnya di dalam perut. Masalah timbunan lemak diperut juga terjadi pada seseorang yang memiliki berat normal, dan hal ini tentu akan membuat efek yang kurang baik untuk kesehatan. Untuk bisa mendapatkan perut tanpa lemak, terkadang banyak orang yang sering melakukan diet ketat ataupun bisa memilih jalan operasi untuk meruntuhkan lemak di perut. Namun cara tersebut juga masih kurang maksimal, karena tidak dapat mencegah timbunan lemak di perut secara permanen.


Sebenarnya untuk bisa meruntuhkan timbunan lemak di bagian perut ini dapat dilakukan dengan cara mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang hampir setiap hari dijalani namun tidak pernah terpikirkan oleh kita. Adapun kebisaan buruk yang harus dihindari jika ingin timbunan lemak di perut dapat dihilangkan antara lain sebagai berikut.

Kebisaan Buruk yang Perlu Dihindari Agar Timbunan Lemak Diperut Dapat Dihilangkan.

1. Hindari Mengkonsumsi Gula Berlebihan.
Kebanyakan dari kita pasti suka dengan rasa manis, sehingga tak heran jika saat membuat makanan atau minumanseringkali menambahkan gula didalamnya. Belum lagi ketika mengkonsumsi makanan seperti kue, permen, yoghurt, muffin, dan lain sebagainya. Mengkonsumsi gula berlebihan, resistensi insulin dan bertambahnya tumpukan lemak dalam perut adalah hal yang saling berkaitan. Untuk itu mulailah untuk mengatur konsumsi gula setiap harinya. Batasi pemakaian gula dalam membuat minuman jus sendiri dirumah, hindari juga minuman bersoda, dan makanan lain yang banyak menyimpan kandungan gula di dalamnya. Perbanyak konsumsi air putih, dan ganti cemilan kue dengan potongan buah-buahan segar yang lebih sehat dan memiliki rasa manis alami. Perlu diingat sebagai cacatan penting bahwa membatasi bukan berarti tidak mengkonsumsinya sama sekali.

2. Malas Berolahraga.
Tidak jarang dari kita yang lebih memilih duduk santai sambil nonton tv sambil ditemani dengan cemilan kesukaan daripada melakukan olahraga ringan setiap harinya. Kebisaan malas berolahraga akan membuat tubuh kurang bergerak dan akhirnya dapat meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas. Keinginan menghilangkan timbunan lemak di bagian perut tanpa didukung dengan adanya olahraga rutin setiap harinya tentu akan menjadi hal yang sulit. Sebab pembakaran lemak di dalam perut dapat terjadi saat tubuh aktif bergerak. Dengan rajin berolahraga akan terjadi pembakaran kalori dan juga lemak di dalam tubu yang dapat membuat otot tubuh menjadi leih kuat dan secara perlahan timbunan lemak diperut juga akan luruh dibuatnya. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar dan impian mendapatkan perut langsingpun dapat terwujud.

3. Kebiasaan Makan Sebelum tidur.
Sebaiknya buang jauh-jauh kebisaan makan sebelum tidur, karena pada saat kita tidur tubuh akan mulai memperambat segala kinerja dari organ tubuh. Untuk itu, jika kita sering makan malam dengan jarak yang sangat pendek dengan waktu tidur maka akan lebih cepat mencipatakan timbunan lemak di dal perut. Hal ini terjadi karena di saat tidur tubuh tidak akan memproses makanan-makanan yang masuk secara optimal. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya aturlah waktu makan malam kita paling tidak 2 jam sebelum kita pergi untuk tidur, atau bisa mengganti jam makan malam menjadi makan sore untuk menghindari penumpukan lemak di bagian perut.

4. Sering Mengkonsumsi Lemak Trans.
Untuk kita yang suka ngemil, mulai sekarang cobalah untuk membantasinya. Apalagi rata-rata cemilan tersebut dalam bentuk makanan ringan, kue kering atau muffin. Didalam makanan-makanan tersebut tersimpan zat pengawet yang banyak mengandung lemak trans. Lemak trans adalah suatu senyawa yang terkenal tidak baik jika sampai masuk kedalam tubuh. Sebab lemak trans ini di buat dengan menggunakan tambahan hidrogen pada lemak tak jenuh guna menstabilkan kandungan senyawa didalamnya. Lemak trans dapat mengakibatkan terjadinya inflamasi yang bisa memicu terjadinya resistensi insulin, dan berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

5. Mengkonsumsi Alkohol.
Suka mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung alkohol merupakan kebisaan buruk yang sudah seharusnya dirubah. Sebab mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat membuat banyak gangguan kesehatan pada tubuh misalnya perdangan, penyakit jantung dan lain sebagainya, yang tentu dapat membuat timbunan lemak diperut akan semakin sulit untuk diilangkan.

6. Melakukan Diet Rendah Protein.
Perlu untuk diketahui bahwa sering melakukan diet rendah protein justru akan membuat masalah timbunan lemak di dalam perut jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Jika tubuh bisa terus mendapatkan asupan protein yang cukup setia harinya maka akan membantu menekan pertambahan berat badan. Dengan melakukan diet tinggi protein akan membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama diperut, membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh dan dapat mencegah keinginan untuk mengkonsumsi makanan lain yang banyak mengandung kalori. Rata-rata orang yang mendapatkan asupan protein yang cukup setiap harinya, akam memiliki perut yang jauh lebih langsing.

7. Makan Secara Berlebihan Saat Stres.
Banyak wanita yang mendapatkan rasa stres lebih sering justru terlihat perutnya semakin menonjol. Hal ini terjadi karena adanya kebisaan buruk yang tidak dapat dirubahnya saat stres terjadi. Mengkonsumsi makanan secara berlebihan sering menjadi pelampiasan bagi kebanyak orang saat dilanda stres. Stres dan depresi akan membuat gerak tubuh menjadi berkurang karena biasanya orang yang dirundung stres lebih banyak menghabiskan waktu dikamar dan enggan untuk melakukan banyak hal. Saat terlalu banyak makan, maka jumlah kalori yang masuk dalam tubuh akan di simpan dalam bentuk lemak, dan karena tidak adanya proses pembakaran lemak akhirnya lemak-lemak tersebut tertimbun di dalam tubuh terutama di bagian perut.

8. Kebiasaan Memgkonsumsi Produk Jus Buah.
Ketika malas untuk membuat jus sendiri dirumah, biasanya akan menggantinya dengan mengkonsumsi produk jus buatan yang banyak mengandung gula. Kandungan fruktosa didalamnya dapat menyebabkan resistensi terhadap insulin yang bisa menyuburkan timbunan lemak di bagian perut.

9. Sering Begadang.
Begadang juga salah satu kebisaan buruk yang dapat membuat timbunan lemak diperut semakin menebal. Pasalnya saat kita begadang pastilah akan memberi peluang untuk tetap mengkonsumsi makanan atau cemilan untuk menghindari rasa ngantuk. Dan jika begadang terus dilakukan setiap harinya tentu akan berpotensi pada masalah obesitas dan peningkatan jumlah lemak di perut. Tidak hanya itu, kurang istirahat juga bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan tubuh.

Itulah tadi beberapa kebiasaan yang harus anda hindari agar timbunan lemak diperut dapat dihancurkan. Dan semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *