HomeKesehatan

Ketahuilah Tanda-Tanda Atau Gejala Stroke Sejak Dini

Ketahuilah Tanda-Tanda Atau Gejala Stroke Sejak Dini
Like Tweet Pin it Share Share Email

Siapapun dari kita pasti berisiko besar terserang stroke, hanya saja hal tersebut dapat kita hindarkan dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat. Stroke ini terjadi akibat adanya gangguan pada aliran darah ke bagian organ otak yang bisa menyebabkan otak secara mendadak terserang masalah. Akibat ketidaklancaran aliran darah yang akan menuju ke otak akan membuat suatu reaksi biokimia yang bisa mematikan sel-sel saraf di otak. Sehingga hal ini akan menyebabkan hilangnya fungsi yang seharusnya dikontrol oleh jaringan tersebut.


Penderita yang selamat dari serangan stroke, bisanya akan mengalami kelumpuhan, kehilangan kemampuan berbicara, berjalan dan hilangnya beberapa ingatan yang ada di dalam otaknya. Penyakit stroke juga dapat dipicu karena adanya cabang pembuluh darah yang terganggu oleh emboli. Emboli disini dapat berupa gangguan dari adanya masalah kolesterol ataupun udara.

Gejala Penyakit Stroke.
Ada beberapa hal yang dapat menjadi gejala penyakit stroke, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lengan dan Kaki Terasa Lemas.
Timbulnya masalah pada kaki dan juga tangan yang tiba-tiba terasa lemas dan seperti mati rasa, maka jangan diabaikan begitu saja. Karena gejala tersebut merupakan salah satu indikasi penyakit stroke. Untuk lebih mendapatkan kepastian maka cobalah angkat kedua tangan secara sejajar dengan posisi teapak tangan menghadap ke bagian atas selama 10 detik. Jika salah satu dari lengan tersebut terjatuh, itu menandakan otot lengan tadi mengalami pelemahan yang tak lain adalah gejala dari penyakit stroke. Lakukan gerakan push up untuk melatih kekuatan otot pada lengan.

2. Timbul Masalah Sakit Kepala.
Penyakit stroke juga bisa memberikan gejala yang sangat mudah dirasakan oleh penderitanya, yaitu timbul masalah sakit kepala yang datang secara mendadak dan rasanya sangat menyakitkan. Jika sampai kita merasakan sakit kepala yang amat sangat dan yang datang secara tiba-tiba, maka jangan menyepelekannya. Karena sakit kepala tersebut bukanlah sakit kepala biasa, dan bisa menjadi salah satu tanda dari penyakit stroke.

3. Pandangan Mengalami Gangguan.
Salah satu gejala yang dapat timbul akibat penyakit stroke ini adalah terjadinya gangguan pada pandangan, yang dapat membuat pandangan penderita menjadi kabur bahkan bisa hilang. Gejala pandangan kabur ini seringkali diabaikan oleh para penderitanya, bahkan banyak para penderita stroke yang tidak mengetahui atau mengerti bahwa hal tersebut merupakan bagian dari suatu tanda penyakit stroke.

4. Bahasa yang Sulit Di Pahami.
Selanjutnya untuk tanda-tanda dari penyakit stroke adalah adanya kata-kata atau bahasa dari penderita yang membuat pendengarnya merasa kesulitan untuk memahami bahasa yang digunakan oleh penderita. Hal ini sangat sering terjadi pada penderita stroke, yang sering disebut dengan gangguan bahasa atau afasia disorder.

5. Hilang Keseimbangan.
Gejala selanjutnya pada penyakit sroke adalah hilangnya keseimbangan tubuh. Ketika muncul rasa pusing, mual dan hilang keseimbangan saat berjalan maka kita harus mewaspadainya, karena bisa jadi masalah stroke sedang mengintai.

6. Susah Untuk Berekspresi.
Banyak penderita stroke yang akhirnya merasakan kesusahan untuk memperlihatkan ekspresi wajahnya. Stroke dapat membuat seseorang mengalami pelemahan misalnya di bagian wajahnya. Dokter biasanya akan menyuruh pasien untuk mencoba tersenyum dan menunjukan gigi mereka. Akan tetapi jika seseorang tersebut benar-benar terserang stroke, maka hal semudah itupun mereka tidak mampu untuk melakukannya.

7. Kesusahan Bernapas.
Waspadailah masalah sesusahan bernapas yang kita alami, jika ternyata gejala tersebut datang padahal kita tidak sedang melakukan aktivitas berat atau aktivitas fisik apapun. Kesusahan napas yang terjadi tanpa adanya sebab yang jelas merupakan gejala dari penyakit stroke yang terkadang dianggap remeh.

8. Muncul Rasa Nyeri.
Munculnya rasa nyeri pada bagian kaki, lengan atau setengah bagian wajah atau dada merupakan salah satu tanda dari adanya penyakit stroke. Namun untuk gejala yang satu ini tidak selalu dirasakan pada penderita stroke, karena banyak juga para pendeita stroke yang tidak merasakan rasa nyeri di bagian-bagian tersebut.

9. Mudah Merasa Lelah.
Para penderita stroke cenderung akan mudah merasa kelelahan, bahkan ketika sedang tidak melakukan hal apapun. Rasa lelah ini memang akan timbul karena adanya gangguan dari stroke ini, yang membuat seseorang dapat merasa sangat kelelahan. Selain itu, perubahan mentalpun akan terjadi dengan sendirinya.

10. Cegukan.
Dari kita pasti sering merasakan cegukan, namun perlu untuk diketahui bahwa tidak semua cegukan yang timbul pada diri kita adalah sebuah tanda dari penyakit stroke. Hal ini tentu harus lebih diperhatikan lagi. Cegukan pada stroke memang akan terjadi karena, stroke akan mempengaruhi fungsi dari kerja otak yang mengatur sistem pernapasan, terlebih utama adalah untuk kaum perempuan.

Itulah tadi informasi mengenai gejala dari stroke yang perlu kita waspadai. Mengingat bahwa stroke ini dapat menyerang siapa saja, sehingga kita harus selalu hati-hati dan menjaga tubuh kita agar bisa terhindar dari penyakit stroke ini.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *