HomeKesehatan

Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Kulkas

Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Kulkas
Like Tweet Pin it Share Share Email

Kulkas atau pendingin adalah sebuah alat yang dirancang khusus untuk mendinginkan makanan atau minuman. Dengan temperatur yang rendah serta suhu yang dingin membuat kulkas mampu memberikan efek tetap segar terhadap makanan yang disimpan di dalamnya. Mulai dari buah, sayuran, minuman hingga beberapa makanan kerap masuk ke dalam kulkas degan berbagai alasan. Meskipun dapat mempertahankan kesegaran dan keawetan makanan, namun perlu anda ketahui ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Hal itu karena tidak semua kulkas memiliki jenis dan tekstur yang sesuai dengan suhu dingin berlama-lama. Namun kenyataannya, orang tidak pernah menghiraukan mengenai apa yang mereka masukkan ke dalam kulkas, hampir semua jenis makanan, baik makanan yang masih baru maupun makanan yang tidak habis dikonsumsi akan selalu bersarang di dalam kulkas. Untuk jenis sayuran, kulkas memang tempat yang cocok, pasalnya dengan suhu yang cukup dingin itu membuat sayuran akan tetap segar meskipun sudah cukup lama anda membelinya. Namun tidak semua jenis makanan bisa disimpan di dalam kulkas, dan bahkan sebagian makanan malah hanya akan membahayakan kesehatan jika disimpan di dalam kulkas.

Menghilangkan kebiasaan menyimpan makanan di dalam kulkas memang tidak mudah, hampir semua orang selalu menjadikan kulkas sebagai tempat makanan agar tetap awet dan tahan lama, mereka tak memperdulikan jenis makanan apa saya yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam kulkas, karena orang kebanyakan hanya mengira bahwa kulkas adalah tempat pendingin yang berfungsi mendinginkan makanan dan membuat makanan bisa tahan hingga lebih lama. Namun agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan kesehatan anda, sebaiknya simak mengenai makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas berikut ini.

  1. Daging

Bagi ibu-ibu rumah tangga, mungkin memasukkan daging ke dalam kulkas adalah kebiasaan yang anda lakukan, pasalnya dengan menyimpan daging di dalam kulkas akan membuat daging mampu bertahan hingga waktu yang cukup lama. Sehingga kapan pun anda bisa mengolah dan memasak daging tersebut. Namun ternyata gading yang disimpan di dalam kulkas dalam waktu yang terlalu lama hanya akan membuat bakteri lebih mudah berkembang biak, sehingga daging tersebut akan sangat tidak sehat untuk dikonsumsi. Anda boleh-boleh saja menyimpan daging di dalam kulkas, hanya saja jangan sampai memakan waktu yang sangat lama, karena hal itu akan membuat daging menjadi tidak sehat lagi.

  1. Minuman Bersoda

Selain sayuran, buah dan daging, kulkas juga menjadi salah satu tempat favorit untuk menyimpan minuman, hal itu karena minuman yang disimpan di dalam kulkas akan membuat minuman tersebut menjadi lebih sejuk dan segar ketika dikonsumsi. Namun ternyata minuman bersoda bauk itu minuman kaleng atau botol, sebaiknya jangan pernah anda masukkan ke dalam kulkas, pasalnya minuman bersoda yang tertutup dapat memicu ledakan dan membuat kerusakan pada kulkas anda. Selain itu sisa kotoran akibat ledakan minuman bersoda tersebut juga akan membuat kulkas anda kotor dan susah dibersihkan. jadi sebaiknya perhatikan jenis minuman yang ingin anda simpan di dalam kulkas dan hindari menyimpan minuman bersoda dalam keadaan tertutup rapat.

  1. Buah dan Sayuran Berkadar Air

Anda mungkin sering sekali menyimpan sayuran atau buah ke dalam kulkas dengan tujuan agar buah dan sayuran tersebut tetap segar dan tidak mudah layu. Namun ternyata buah dan sayuran yang banyak mengandung air sangat tidak baik disimpan terlalu lama dalam kulkas, pasalnya kadar air pada sayuran dan buah tersebut akan mengalami penurunan dan membuat kualitas sayuran dan buah menjadi tidak baik dan tentu juga menjadi tidak sehat. Jadi sebaiknya simpan saja buah dan sayuran di dalam kulkas hanya yang berjenis tidak terlalu banyak mengandung air.

  1. Makanan yang digoreng

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas adalah makanan yang digoreng, pasalnya makanan yang digoreng sangat tidak sehat jika dibiarkan lama di dalam kulkas dan sebaiknya segera konsumsi makanan yang digoreng selagi masih hangat. Jika anda menyimpan makanan atau gorengan ke dalam kulkas makan dikhawatirkan makanan tersebut akan membuat anda mengalami sakit perut ketika mengonsumsi nya. Hal itu sudah dijelaskan oleh beberapa pakar kesehatan mengenai bahaya menyimpanan makanan yang digoreng di dalam kulkas.

  1. Telur Rebus

Biasanya ketika kita merebus telur, maka secara otomatis akan terjadi keretakan pada bagian kulit luar telur tersebut. Dan ketika hal itu terjad dan anda menyimpan telur rebus tersebut dalam kulkas makan dikhawatirkan bakteri dapat masuk ke dalam celah telur dan membuat telur menjadi tak sehat untuk dikonsumsi. Jadi sebaiknya segera konsumsi telur rebus sebelum bakteri berhasil masuk ke dalamnya.

Jadi bisa disimpulkan ternyata tidak semua jenis makanan cocok jika disimpan di dalam kulkas, pasalnya ada beberapa makanan yang hanya akan menjadi tidak sehat dan jika dikonsumsi tentu akan mengganggu kesehatan anda. Bagi anda yang terbiasa menyimpan beberapa makanan seperti di atas, maka sebaiknya mulai saat ini hindari untuk menyimpanan makanan tersebut dalam kulkas. Hal itu agar anda terhindar dari gangguan penyakit akibat makanan yang tidak sehat.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *